Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Panduan dan Trik dalam Membuat Posting

Jika kamu adalah Blogger yang benar-benar pemula pastinya memerlukan banyak panduan. Tidak menutup kemungkinan dalam menulis artikel atau membuat posting sekali pun akan memerlukan panduan. Karena terasa oleh diri saya pribadi, saat pertama kali membuat posting saya membuatnya dengan penuh ketidaktahuan. Misalnya, lupa memberi judul posting dan malah menulis judul posting pada bagian posting, memasukkan gambar pada posting dengan cara mengcopi paste dari komputer, kurangnya inspirasi dalam menulis, menggunakan kalimat yang tidak baku, tidak memperhatikan tool-tool saat pada halaman pembuatan posting, dan lain-lain.

Hal-hal tersebut berpengaruh buruk terhadap SEO pada blog kita. Tapi sebenarnya penyebab hal-hal tersebut terjadi pun dikarenakan kita belum tahu apa itu yang disebut SEO. Tidak perlu membahas lebih jauh dahulu tentang SEO. Dengan menyimak posting ini pun kamu mungkin bisa mengerti apa yang disebut SEO.

Dalam menulis artikel sangat mudah. Berbasa-basi dahulu sebelum membahas hal inti dalam pembahasan boleh-boleh saja, asalkan berbobot dan tidak terlalu banyak. Dalam menulis artikel jangan terkesan bolak-balik membahas materi sacara berulang kali, takutnya malah membuat geram dan tidak betah para pengunjung. Gunakan kata baku karena kecil kemungkinan pengguna internet melakukan searching menggunakan kata yang tidak baku. Dan siapa tahu ada pengunjung asing pada Blog kita, maka mereka dapat menterjemahkan pada bahasa mereka sendiri. Selain itu gunakan bahasa yang dapat menarik pembaca agar semakin ingin tahu maka ia terus membaca.

Itu adalah sedikit tips dari saya dalam menulis artikel. Selanjutnya saya akan memberi panduan dan trik dalam membuat posting.


Panduan Dalam Menulis Artikel atau Membuat Posting

Untuk mulai membuat posting, silakan kamu masuk ke akun Blogger. Setelah berada di halaman Dashboard, kita masuk ke bagian Pos dan klik Buat entri baru. Selanjutnya kita akan masuk ke halaman pembuatan posting seperti berikut.

Tools-tools pada halaman pembuatan posting

Di sana terdapat banyak sekali tools sebagai pendukung dalam pembuatan posting atau penulisan artikel. Agar kita tidak asal-asalan dalam membuat posting, maka kita perlu mengenali setiap tools tersebut.
  1. Judul Posting.
  2. Tombol untuk mempublikasikan posting setelah artikel selesai dibuat dan layak untuk dipublikasikan.
  3. Tombol untuk menyimpan posting dalam bentuk draft. Kita dapat menutup halaman pembuatan posting, dan melanjutkan kembali dengan cara klik Edit tepat di bagian bawah judul posting pada halaman daftar posting.
  4. Tombol untuk melihat pratinjau atau tampilan posting sebelum dipublikasikan.
  5. Tombol untuk menutup halaman pembuatan posting.
  6. Compose adalah tampilan penulisan artikel dalam mode Rich Text.
  7. HTML adalah tampilan penulisan artikel dalam mode kode HTML.
  8. Undo adalah tombol untuk membatalkan perintah terakhir.
  9. Redo adalah tombol untuk mengulang perintah terakhir yang dibatalkan.
  10. Font berfungsi untuk memilih jenis huruf.
  11. Font size berfungsi untuk memilih ukuran huruf.
  12. FORMAT adalah tombol untuk mengubah suatu teks menjadi memiliki tanda tertentu. Misalnya teks tersebut merupakan poin-poin penting. Gunakan tools ini sesuai selera. Penggunaan tools ini direkomendasikan agar artikel yang kita buat semakin SEO friendly.
  13. Bold berfungsi untuk membuat teks bercetak tebal.
  14. Italic berfungsi untuk membuat teks bercetak miring.
  15. Underline berfungsi untuk membuat teks bergaris bawah.
  16. Strikethrough berfungsi untuk memberi tanda coretan pada teks.
  17. Text color berfungsi untuk mengatur warna teks.
  18. Text background color berfungsi untuk mengatur warna latar belakang teks.
  19. Link berfungsi untuk memasukan tautan/link dalam sebuah objek seperti teks dan gambar.
  20. Insert image untuk memasukkan gambar dalam posting.
  21. Insert a video untuk memasukkan video dalam posting.
  22. Jump Break untuk membatasi teks pada posting yang tampil di halaman utama blog.
  23. Aligment untuk mengatur tulisan agar rata kiri, kanan, tengah, atau imbang.
  24. Numbered List untuk memberi efek poin-poin dalam bentuk penomoran.
  25. Bullet list untuk memberi efek poin-poin dalam bentuk penandaan.
  26. Quote untuk memberi tanda khusus pada kutipan tertentu.
  27. Remove Formating berfungsi untuk menghapus semua format (no. 12) yang telah diterapkan dalam posting.
  28. Check spelling untuk memeriksa ejaan. (sepertinya hanya untuk ejaan dalam bahasa inggris saja)
  29. Fungsinya belum saya pahami.
  30. Fungsinya belum saya pahami.
  31. Berfungsi seperti Aligment (no. 23) bagian rata kiri.
  32. Berfungsi seperti Aligment (no. 23) bagian rata kanan.
  33. Label berfungsi untuk memberi label/kategori pada posting.
  34. Jadwal bisa digunakan untuk menerbitkan artikel secara otomatis dalam waktu yang telah ditentukan.
  35. Tautan permanen berfungsi untuk memilih tautan posting. Apakah akan ditentukan secara otomatis, atau ditentukan sendiri.
  36. Lokasi berfungsi untuk memberi keterangan tempat.
  37. Deskripsi penelusuran berfungsi untuk memberikan deskripsi pada posting.
  38. Pilihan berisi beberapa setelan seperti komentar pembaca, mode tulis, dan baris baru.
  39. Tempat kita menulis artikel.
 

Trik dalam menulis artikel atau membuat posting

Ada 6 trik dari saya yang harus kamu beri perhatian lebih dan jangan sampai terlewatkan saat membuat posting agar kekuatan SEO semakin bagus dan dapat bersaing di search engine.
  1. Dalam judul posting - Tentukan judul posting dengan keyword yang sekiranya akan banyak dicari. Gunakan kalimat yang tidak terlalu panjang, dan bahasa yang menarik namun dengan kata yang tetap baku.
  2. Pada gambar - berikan title dan alt image pada setiap gambar dalam posting.
  3. Link - berikan beberapa link pada kata atau kalimat dengan menggunakan tools nomor 19. Link yang masih menuju blog sendiri lebih bagus karena semakin banyak cara pengunjung menjelajahi blog kita. Link yang menuju situs lain pun boleh saja, asal tidak terlalu banyak dan situs tersebut terpercaya (tidak merugikan). Jangan terlalu banyak memberikan link, maksimal 3-5 saja per-posting.
  4. Label - Agar konten blog kita semakin SEO friendly dan semakin mempermudah pengunjung dalam menjelajahi blog, berikan kategori atau label pada setiap posting.
  5. Tautan Permanen - Sebaiknya kita menentukan URL untuk posting secara manual untuk memaksimalkan kekuatan keyword dengan memilih tautan permanen khusus.
  6. Deskripsi Penelusuran - berikan deskripsi penelusuran pada setiap posting. Hal ini juga sangat berpengaruh baik untuk kekuatan SEO pada blog. Namun jika setelan tag meta description blog kamu belum diaktifkan, tools ini tidak akan tersedia pada halaman pembuatan posting. Maka kamu harus mengaktifkan tag meta description pada blog terlebih dahulu.
Oke, cukup sekian sedikit panduan, tips dan trik dalam membuat posting dari saya. Semoga memberikan benyak manfaat bagi para pembaca umumnya, dan bagi para Blogger pemula khususnya. Sekali lagi saya berpesan ketika kamu membuat posting jangan lupakan 6 poin penting yang saya berikan. Setelah blog kamu memiliki banyak posting dengan konten yang menurut kamu sudah layak dibaca para pengunjung, baiknya kamu melakukan optimasi SEO Offpage untuk membantu mendongkrak kualitas SEO blog kamu.

Artikel terkait : Panduan dan Trik dalam Membuat Posting

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved