Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Cara Melakukan SEO Onpage pada Blog

SEO onpage adalah optimisasi yang dilakukan pada halaman Blog. Cara kerjanya adalah membuat halaman Blog agar terlihat profesional di mata search engine (Google). Karena dengan melakukan SEO onpage ini bisa membantu Google untuk mengenali konten utama yang menjadi pembahasan dalam Blog. Tujuan utama dilakukan optimisasi onpage ini bukan agar Blog kamu mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian. Melainkan agar Google mengindeks Blog kamu dengan tepat.

SEO onpage ini adalah tahap yang tidak boleh gagal atau terlewatkan. Karena jika gagal atau terlewatkan, maka Google akan melihat Blog kamu tidak relevan untuk ditampilkan di posisi yang baik di hasil pencarian search engine. Selain itu, SEO onpage ini merupakan tahap yang harus dilakukan sejak awal-awal kamu membuat Blog dan hanya dilakukan sekali saja. Dilakukan sejak awal bertujuan agar sejak awal Blog kamu langsung mendapatkan pandangan yang baik dari Google. Dan hanya dilakukan sekali saja karena jika dilakukan berkali-kali malah bisa berdampak buruk terhadap ranking Blog.

Daripada bingung dengan penjelasan saya di atas, lebih baik langsung saja kita ke pelaksanaanya. Siapa tahu kamu akan semakin mengerti tentang SEO onpage setelah melakukan langkah kerjanya. Beginilah tips dan trik dari saya dalam melakukan SEO onpage pada Blog.


Cara Melakukan SEO Onpage pada Blog

  1. Gunakan template yang SEO friendly untuk Blog kamu. Yaitu template yang dirancang sedemikian rupa agar memenuhi standar SEO. Silakan cari template yang SEO friendly di Google, download template tersebut, dan ganti template Blog kamu dengan template tersebut. Kamu harus tahu cara mengganti template Blog dengan template hasil download.
  2. Pasanglah widget yang membantu pengunjung dalam menjelajahi Blog. Seperti artikel populer, artikel terbaru, blog archive, search tools, labels, dan lain-lain. Jangan memasang widget yang tidak terlalu diperlukan apalagi hanya memberatkan Blog kamu saja. Seperti halnya animasi di sana-sini, pemutar musik, jam analog, dan lain-lain. Orang mengunjungi Blog kamu bukan untuk mendengarkan musik dan melihat jam kan?
  3. Usahakan Blog kamu bebas dari iframe atau script dari hosting luar.
  4. Jika tidak benar-benar diperlukan, usahakan tidak memasang link yang menuju ke Blog/website lain di bagian sidebar. Karena itu akan menjadi sebuah "kebocoran".
  5. Jika di dalam blog kamu terdapat gambar, sertakan title dan alt tag pada gambar tersebut.
  6. Optimalkan setiap meta tag di Blog.
  7. Daftarkan Blog di Google Webmaster Tools.
  8. Submit sitemap untuk Blog di Google Webmaster Tools.
  9. Daftarkan Blog di Google Analytics.
  10. Daftarkan blog di Google Feedburner.
Jika kamu telah selesai mengikuti tips-tips di atas, maka Blog kamu sudah baik di sisi onpage. Kemudian kamu bisa melanjutkan tahap berikutnya yaitu melakukan SEO offpage. Selebihnya untuk menjaga optimisasi yang telah kamu lakukan ini, kamu hanya perlu memastikan di kemudian hari kamu tidak mengubah setelan-setelan yang telah dilakukan. Seperti memasang widget yang aneh-aneh, gonta-ganti template, melakukan optimisasi ulang dan sebagainya.

Setelah kamu melakukan SEO Onpage, maka Blog telah siap untuk diisi konten yaitu artikel atau posting. Dalam membuat posting juga, kamu perlu memperhatikan nilai-nilai SEO agar posting yang kamu buat dapat bersaing dengan posting-posting serupa dari Blog lain. Jika setiap posting mempunyai nilai SEO yang bagus, tentunya akan mendongkrak kualitas Blog kamu di mata search engine. Maka kamu jangan melewatkan trik dalam membuat posting yang saya berikan.

Artikel terkait : Cara Melakukan SEO Onpage pada Blog

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved