Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google FeedBurner

Setelah mendaftarkan Blog ke Google Analytics, terakhir yang harus dilakukan dalam trik Optimisasi Onpage dari saya adalah Mendaftarkan Blog ke Google FeedBurner. FeedBurner sendiri adalah situs dari Google yang menangani umpan web (Feed RSS). Situs ini memberi fasilitas pada pengunjung untuk berlangganan artikel pada Blog. Tentunya akan bagus jika Blog kita memiliki banyak pembaca langganan. Selain itu FeedBurner akan membantu kita dalam melakukan ping untuk artikel terbaru. Kesimpulanya dengan Mendaftarkan Blog ke Google FeedBurner dapat membantu mempercepat laju index Blog kita.

Google FeedBurner

Seperti biasa, saya tidak hanya akan membahas tahap pendaftaran. Juga akan membahas setelan-setelan pertama yang perlu dilakukan.

Mendaftarkan Blog ke Google FeedBurner

  • Masuklah ke halaman Feedburner.
  • Kamu akan diminta melakukan Sign In. Maka lakukanlah Sign In dengan akun Google kamu.
  • Pada tampilan pertama halaman FeedBurner, akan terdapat suatu formulir. Masukan URL Blog kamu pada kolom yang disediakan dan jangan mencentang opsi "i am a podcaster, kemudian klik Next.
  • Jika kamu memasukkan URL Blog saja, biasanya akan langsung menuju ke halaman di mana FeedBurner melacak dan meminta kita memilih Feed Blog mana yang akan digunakan. Dalam kasus ini, kamu pilih Atom saja kemudian klik Next.
  • Kemudian tentukan Feed Title dan Feed Address sesuai keinginan, lalu klik Next. Namun lebih baik sesuaikan dengan nama Blog kamu.
  • Selamat, Feed kamu sudah selesai dibuat. Harap ingat-ingat atau kalau perlu simpan URL Feed kamu yaitu URL yang bercerak biru pada halaman ini. Selanjutnya klik Next.
  • Halaman selanjutnya kamu akan diminta untuk menentukan beberapa setelan. Silakan berikan centang sesuai dengan screenshot di bawah ini, atau sesuaikan saja dengan keinginan kamu. Selanjutnya klik Next.
Mendaftarkan Blog ke Google FeedBurner

Feed blog kamu di FeedBurner telah benar-benar jadi dan telah diperbarui. Selanjutnya kamu perlu melakukan setelan-setelan pertama pada akun Feddburner.

Mengaktifkan Ping Service FeedBurner

  • Silakan masuk ke halaman ini http://feedburner.google.com/, kemudian buka halaman feeds blog kamu
  • Buka tabs Publicize dan pilih opsi Ping Shot.
  • Terakhir pada opsi Ping Shot silakan klik Activate untuk mengaktifkan service tersebut.

Mengalihkan Feed Blogspot ke FeedBurner

Untuk melakukan tahap inilah saya katakan kamu harus mengingat atau menyimpan URL FeedBurner Blog kamu.
  • Login ke akun Blogger kamu pada tab baru.
  • Pilih Blog yang akan kamu kelola kemudian masuk ke menu Setelan.
  • Pada menu Setelan, pilih submenu Lainya.
  • Pada bagian Posting URL Pengubahan Arah Feed, silakan klik Tambahkan.
  • Masukan URL FeedBurner Blog kamu pada kolom yang disediakan, kemudian klik Simpan Setelan.

Oke, kamu telah berhasil Mendaftarkan Blog ke Google FeedBurner serta melakukan setelan-setelan pertama yang perlu dilakukan. Selanjutnya kamu bisa memasang widget chicklet readers Feedburner untuk membantu pengunjung melihat halaman FeedBurner Blog kamu. Di halaman tersebut juga pengunjung dapat mendaftarkan email-nya untuk menjadi langganan artikel Blog kamu. Atau langsung saja pasang widget Langganan artikel dari FeedBurner untuk membantu pengunjung berlangganan artikel Blog kamu tanpa membuka halaman FeedBurner.

Namun dengan adanya halaman FeedBurner dan fasilitas berlangganan artikel ini rentan sekali terjadi pencurian artikel khususnya yang dilakukan oleh AutoBlog. Maka kamu harus mencegah pencurian artikel melalui FeedBurner.

Artikel terkait : Cara Mendaftarkan Blog ke Google FeedBurner

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved