Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Mencegah Pencurian Artikel Melalui FeedBurner

Duplikat konten merupakan suatu hal yang sangat tidak disenangi oleh search engine (Google) dan berpengaruh buruk pada kekuatan SEO. Dan saat ini banyak sekali kasus pencurian artikel yang jelas menyebabkan masalah duplikat konten tersebut. Mungkin kamu sudah tahu bahwa salah satu trik SEO yang perlu dilakukan adalah Mendaftarkan Blog ke Google FeedBurner. Namun perlu kamu tahu juga bahwa dengan melakukan hal tersebut ada dampak negatifnya. Yaitu semakin bertambahnya cara orang untuk mencuri artikel pada Blog kita. Sedangkan kita perlu melakukan salah satu trik SEO ini, namun juga tidak ingin artikel kita dicuri.

Yang saya ketahui ada dua jalan melakukan pencurian artikel melalui FeedBurner ini. Keduanya memiliki prinsip yang sama yaitu copy paste, namun jalanya ada dua. Yaitu melalui halaman FeedBurner dan melalui Email Subscription FeedBurner.


Mencegah Pencurian Artikel Melalui Halaman FeedBurner

Awalnya pada halaman FeedBurner artikel Blog kamu ditampilkan secara keseluruhan. Sehingga dikhawatirkan dapat terjadi pencurian artikel dengan cara-cara dan akal-akal tersendiri si pencuri artikel. Untuk upaya mencegahnya, lakukanlah beberapa setelan agar artikel tidak ditampilkan secara menyeluruh pada halaman FeedBurner.
  • Pastikan kamu telah login pada akun Google, kemudian buka halaman Google FeedBurner.
  • Pilih Feed Blog yang akan kamu kelola.
  • Masuk ke menu Optimize kemudian pilih Services Summary Burner.
  • Pada Maximum Lenght, tentukan jumlah karakter pada artikel yang akan ditampilkan pada halaman FeedBuner.
  • Pada Treaser, tentukan sebuah kata-kata yang menurut kamu cocok untuk dipasang pada tampilan setiap artikel di halaman FeedBuner.
  • Kemudian klik Activate.
Mencegah Pencurian Artikel Melalui Halaman FeedBurner

Dengan begini artikel pada halaman FeedBurner tidak ditampilkan secara menyeluruh. Maka pencurian artikel yang dilakukan dari halaman FeedBurner bisa kita cegah.

Mencegah Pencurian Artikel Melalui Email Subscriptions FeedBurner

Jika ada orang yang mendaftarkan email-nya untuk menjadi pembaca langganan artikel Blog kamu, maka setiap kamu membuat artikel baru secara otomatis artikel akan dikirimkan ke email tersebut untuk dibaca oleh pemiliknya. Jika fasilitas ini disalahgunakan, artikel bukan malah dibaca. Bisa saja mereka malah mempostingkan artikel dari email tersebut. Yang lebih berbahaya lagi yaitu adanya AutoBlog. Dengan adanya fasilitas Mempublikasikan entri menggunakan email pada Blogger, orang-orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan fasilitas ini dengan tidak baik. Setelah menjadi pembaca langganan artikel pada Blog kamu ia akan mempublikasikan setiap artikel yang diterima melalui email secara otomatis. Maka kamu harus melakukan setelan-setelan berikut untuk mencegahnya.
  • Masuk ke Dashboard Blogger.
  • Masuk ke menu Setelan dan pilih submenu Lainya.
  • Atur setelan Umpan Situs, yaitu pada Umpan Blog kita atur menjadi Khusus.
  • Atur Umpan Entri Blog menjadi Singkat.
  • Sedangkan Feed Komentar Blog dan Komentar Setiap Posting menjadi Penuh.
  • Terakhir klik Simpan Setelan.
Dengan begini pencurian artikel melalui Email Subscription FeedBurner dapat kita cegah. Karena artikel yang dikirimkan ke email ditampilkan secara Singkat, maka si pencuri khususnya AutoBlog hanya dapat mencuri sebagian kecil dari artikel tersebut.

Memang setelah ini Pencurian Artikel Melalui FeedBurner sudah dapat kita cegah. Namun selama mereka yang memiliki niat tidak baik dapat menemukan Blog kita, pencurian artikel jelas akan terjadi langsung dari halaman Blog. Inilah permasalahan yang lebih berat lagi, betul? Kemungkinan kita tidak bisa mencegahnya, namun kita masih bisa mengatasi pencurian artikel yang dilakukan langsung dari halaman Blog tersebut.

Artikel terkait : Mencegah Pencurian Artikel Melalui FeedBurner

Artikel B-Tutorial Lainnya :

1 komentar:

  1. saya juga kena auto generate content, 1 bulan yang lalu saya melihat blog yang memposting tulisan mengikuti gaya khas penulisan di blog yang saya kelola, awalnya senang 80% melihat ada yang terinsirasi dengan gaya penulisan saya di blog itu, dan risih dan kesal 20% karena tidak kreatif. setelah satu bulan berlalu, malam kemarin saya cek adanya penurunan pengunjung di blog saya kemudian mengecek url yang kurus di pencarian, saya menemukan 3 postingan dengan gambar, judul, isi sama seperti yang saya terbitkan dan berada di peringkat atas dari postingan saya, saya cek lebih dalam lagi di blog (kleptomania) itu ternyata ada 70 lebih postingan saya yang curi, melihat hal itu saya kirim pesan dan komentar untuk mengingatkan agar berhenti dan menghapus postingan palsunya, 1 hari berikutnya saya cek namun tidak ada balasan bahkan komentar yang saya posting blognya pun dihapus seolah-olah saya tidak anggap tidak tahu dan pernah mengirimkan pesan padanya. 100% marah,kesal dan bertanya kenapa manusia seperti itu bisa hidup? akhirnya saya bikin pengumuman pop up di sidebar atas blog saya, meminta bantuan siapapun yang mengunjugi blog saya memiliki waktu browsing lagi untuk melaporkan url blog pencuri sebagai blog spam agar di hapus. 6 menit sebelum membuat pengumuman itu, saya berpikir lagi kasihan kalau blognya dihapus dan berusaha mengesampingkan amarah saya waktu itu namun saya tidak bisa menafikan kalau saya memang sedang marah dan ingin segera menghapus blog pemalas tidak kreatif tersebut, beberapa waktu kemudian dapat informasi 2 blog lain juga jadi korbannya, awalnya 100% kemarahan saya turun jadi 70% karena ada teman senasip, untuk mengurangi perasaan marah dan kesal itu saya keluar kamar dan jalan-jalan sambil cuci mata melihat gadis-gadis cantik dengan tatapan aneh. setelah itu pulang dan merubah beberapa setingan agar terhindar dari auto generate content namun thumbnail dan related jadi hilang, saya juga ingin menganti template blog dengan yang baru namun saya masih menyukai tampilan simpel blog saya yang sekarang ini. hmm,apakah tindakan saya sudah benar? atau ada masukan untuk saya?

    ReplyDelete

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved