Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Memilih Template SEO Friendly untuk Blog

Jika kamu ingin membuat Blog yang disukai dan mudah terindeks oleh Google, maka kamu harus membuat Blog yang SEO Friendly. Berbagai trik dan setelan Search Engine Optimization sebagian besar dilakukan di dalam template. Oleh sebab itu, sebelum kamu melakukan berbagai setelan SEO, terlebih dahulu kamu harus menentukan template mana yang paling baik dan cocok untuk Blog kamu. Karena kamu ingin membuat Blog yang SEO friendly, maka kamu harus memilih template yang SEO friendly juga.

Tersedia banyak sekali template Blog yang SEO Friendly dari berbagai situs atau desainer jika kamu mencarinya di internet. Namun bukan berarti kamu bisa mencoba template-template yang tersedia banyak tersebut. Karena jika kamu sering mengganti template maka akan memperlambat Blog kamu dalam proses crawling. Selain itu kemungkinan bisa menghilangkan setelan-setelan SEO yang telah kamu lakukan sebelumnya. Oleh sebab itu, kamu harus mempertimbangkan dengan matang template mana yang paling baik dan cocok untuk Blog kamu. Untuk membantu kamu dalam memilih template, maka kamu perlu mengetahui kriteria template SEO friendly untuk Blog.

Template SEO Friendly untuk Blog

Kriteria Template SEO Friendly

Kecepatan memuat yang ringan

Lebih mementingkan kecantikan dan variasi tanpa mempedulikan kecepatan memuat pada template adalah tindakan yang salah. Template yang memiliki fasilitas lengkap namun terlihat sederhana akan ringan saat dimuat. Template yang kecepatan memuatnya ringan inilah yang lebih disukai Google dan pengunjung. Bayangkan saja jika Blog kamu lambat saat dimuat, sedangkan terdapat jutaan website dan Blog lain di dunia internet, Robot bot dan Spider bot tidak bisa mengindeks halaman Blog kamu secara maksimal. Kemudian akan meninggalkan halaman blog kamu dan pindah ke halaman situs lain yang lebih mudah dimuat. Begitu juga para pengunjung akan melakukan hal yang sama jika Blog kamu lambat saat dimuat. Karena mereka lebih betah pada Blog yang ringan saat dibuka dan dijelajahi.

Warna teks dan background yang jelas

Orang yang berkunjung ke Blog kamu tujuanya untuk memperoleh informasi dengan membaca konten dari blog kamu. Maka berikanlah mereka kemudahan saat membaca konten. Kombinasi warna teks dan background harus membuat setiap tulisan di halaman Blog kamu mudah dibaca. Menurut saya yang paling baik adalah warna background putih dan warna teks hitam. Maka durasi dan pageview setiap pengunjung akan meningkat.

Posisi sidebar di kanan

Perhatikan posisi kolom pada template. Template yang baik adalah yang menempatkan kolom post di kiri dan sidebar di bagian kanan. Karena secara default HTML script yang paling atas akan membentuk elemen di bagian kanan terlebih dahulu, kemudian semakin ke bawah script akan membentuk bagian di kanan. Maka dengan posisi kolom seperti ini bagian yang pertama kali dirayapi robot bot adalah kolom post.

Mempunyai meta tag

Meta tag adalah cuplikan meta yang tersimpan di bagian head pada template. Cuplikan ini ditampilkan pada halaman pencarian. Setiap meta tag yang berada di Template SEO friendly yang banyak tersedia di internet, mungkin perlu disesuaikan lagi agar cocok dengan Blog kamu. Maka silakan baca juga cara mengoptimalkan meta tag.

Mempunyai struktur tag heading

Pilih template dengan struktur tag heading yang baik. Tidak perlu lengkap dari H1 sampai H6, yang penting tertata dengan baik. Dengan ini akan mempermudah dan mempercepat bot search engine dalam mengindeks setiap bagian artikel dan konten di Blog kamu. Silakan kamu baca cara mengatur tag heading agar SEO Friendly.

Struktur halaman

Terdapat related posts dan menu navigasi yang rapi dan jelas. Kedua hal ini akan mempercepat indeks dan menambah pageview pengunjung. Jika menu navigasi pada Blog berantakan, akan membuat bingung pengunjung dan bot search engine dalam mengindex Blog.

Hampir semua semua template sudah memenuhi kriteria di atas. Saya sarankan untuk lebih memperhatikan kecepatan memuat template. Kemudian berhati-hatilah saat memilih template. Tidak jarang template yang tersedia tersebar luas di internet ini kurang diperhatikan dan mulai terdapat berbagai kesalahan error di dalamnya, baik itu pada struktur HTML, CSS, broken link dan lain-lain.

Artikel terkait : Memilih Template SEO Friendly untuk Blog

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved