Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Bagaimana Cara Mencari Pencuri Artikel dengan Akurat?

Blogging sejatinya adalah suatu kegiatan menuangkan kreatifitas yang berbentuk susunan kata di dalam halaman web atau blog. Blogger profesional akan menuliskan karyanya kata demi kata serta ia menguasai topik yang di bahasnya. Seorang yang tidak terlalu ahli dalam topik yang sedang dibahasnya dan membuat karya tulis dengan mencontoh sumber referensi di tempat lain, namun dalam menuangkannya ia menggunakan narasi sendiri, dia masih pantas disebut seorang Blogger. Lalu bagaimana dengan tukang copy paste? Saya rasa hanya pantas disebut seorang pencuri artikel.

Sepertinya problema ini cukup menarik untuk dibahas, karena hal ini sudah tidak asing lagi sering kita jumpai di seputar dunia para Blogger. Disadari atau tidak di sekitar kita terjadi semacam perang dingin antara Blogger rajin dan Blogger pemalas, kasusnya mirip seperti ini: Si rajin mengerjakan tugas dari guru dan tanpa izin si malas menconteknya. Namun secara diam-diam si rajin melaporkan hal tersebut pada guru, sehingga buruk lah nama si malas di mata guru.

Cara yang Baik dalam Memposting Ulang Artikel dari Blog Lain

Di dunia Blogger sendiri si rajin selalu membuat karya tulis dengan menekan satu persatu tombol di atas keyboard dengan jari-jari tangannya yang terkadang merasa lelah. Sedangkan si malas hanya menunggu sebuah karya tulis selesai kemudian tangan kanannya memegang perangkat mouse dan melakukan beberapa kali klik, ia pun dapat memiliki karya tulis buatan si rajin.

Jika kejadian seperti yang dialami si rajin menimpa pada saya, jujur saya sendiri tidak akan rela dengan hal tersebut. Saya ingin meminta orang-orang yang seperti si malas ini untuk tidak melakukan perbuatan yang kurang bijak itu kepada blog saya khususnya dan blog teman Blogger lain pada umumnya. Namun dengan adanya istilah "Blogging itu berbagi" terkadang si malas menyalahgunakan istilah ini sebagai senjata dan menyindir si rajin dengan kata "pelit".

Tidak tepat sama sekali jika membawa masalah yang bisa dibilang pelanggaran hak cipta ini dihubungkan dengan masalah pelit dan tidak pelit. Saya dan tentunya rekan Blogger lain juga sangat mendukung bahwa kita itu harus berbagi ilmu pengetahuan kepada siapa pun yang membutuhkan. Termasuk ilmu yang terdapat di dalam blog ini saya posting dengan tujuan untuk berbagi, dan sama sekali tidak melarang jika dibagikan melalui blog lain. Namun dalam memposting ulang sebuah artikel kita harus menggunakan kata-kata sendiri, karena kita adalah seorang Blogger yang mutlak harus memiliki kemampuan dalam hal menulis.

Jika memang sangat tidak ingin terjadi pencurian artikel pada blog, sebenarnya ada cara yang cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Yaitu dengan menerapkan anti copy paste pada blog.

Nah sekarang apakah si malas akan berubah dan mulai membagikan artikel dengan menggunakan kata-kata sendiri? Jika tidak, sungguh sangat keterlaluan. Si rajin tidak pelit, dia sudah membolehkan untuk membagikan artikel di blognya. Memang dasar si malas, terlahir sebagai pemalas. Menulis saja tidak mau, mengaku seorang Blogger !

Pencuri Artikel Harus Diatasi?

Ketika ada dua artikel atau lebih yang memiliki susunan isi yang serupa, maka Google akan menganggapnya sebagai duplikat konten dan artikel original yang kita buat dengan semangat yang tinggi pun termasuk di dalamnya. Semakin banyak duplikat konten, maka akan memperburuk rangking yang dimiliki setiap artikel. Sudah kita yang bersusah payah dalam membuat artikel original, si malas diuntungkan dengan menyalin artikel ke dalam blog miliknya, artikel yang kita buat mendapat dampak buruk dari hal tersebut. Sungguh si malas sudah benar-benar menyepelekan pekerjaan kita dan tidak memikirkan perasaan kita.

Cara Mencari Pencuri Artikel

Jika memang sudah seperti ini, sebelum dampak yang ditimbulkan semakin memburuk, kita perlu segera mengatasi pencuri artikel ini tanpa perlu lagi memikirkan perasaan dia. Cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi pencuri artikel adalah dengan melaporkan kasus yang termasuk sebagai pelanggaran hak cipta ini kepada Google. Namun apakah kamu sudah menemukan siapa orang yang telah mencuri artikel di blog kamu?

Cara Mencari Pencuri Artikel

Ketika ada seseorang yang menyalin artikel original, kita tidak serta merta langsung bisa mengetahui pencuri artikel tersebut. Harus dilakukan pencarian secara teliti untuk dapat menemukan si pencuri artikel. Sebagai percobaan, kita lakukan pencarian siapa saja yang mencuri artikel terpopuler, karena entri ini yang biasanya banyak dicuri.
  • Pertama, bukalah artikel yang ingin kamu cari tahu siapa saja pencurinya.
  • Kemudian pada halaman artikel, blok dan salin sebuah frasa atau kalimat yang sekiranya hanya kamu satu-satunya yang pernah membuat kalimat seperti itu.
Cara Mencari Pencuri Artikel
  • Sekarang silakan buka mesin pencari Google.
  • Lakukan pencarian dengan keyword frasa atau kalimat yang sebelumnya telah kamu salin dengan menggunakan tanda kutip ganda di awal dan akhir frasa.
  • Jika pada hasil pencarian Google terdapat blog-blog lain yang mengandung frasa yang serupa, maka kemungkinan telah ada yang mencuri artikel kamu.
  • Ini baru kemungkinan kecil, agar hasil yang didapat lebih akurat, kita bisa beberapa kali melakukan pencarian dengan pengutipan sebuah frasa. Contohnya kita ambil frasa di awal, tengah, dan akhir artikel.
  • Jika ada blog lain yang selalu muncul pada 3 kali pencarian tersebut, maka kemungkinan dia adalah pencuri artikel semakin besar.
  • Namun tidak sampai disini, agar kita semakin yakin dengan penemuan yang telah didapat, kita perlu membuka blog nya satu persatu dan memeriksanya secara manual apakah susunan kata di dalamnya benar-benar serupa dengan artikel original yang kita buat.
  • Jika memang kamu benar-benar yakin telah menemukan blog yang mencuri artikel originalmu, maka kini saatnya kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan MENGAJUKAN DMCA TAKEDOWN UNTUK PENCURI ARTIKEL PADA GOOGLE.

Kendala pada pekerjaan ini:

Untuk mencari pencuri dari satu artikel saja proses yang diperlukan terhitung rumit dan lama. Apalagi saat melakukan pencarian, pencuri artikel yang berhasil ditemukan sangat banyak. Jari tangan kita mungkin harus bekerja keras untuk mengatasi mereka semua.

Yang saya tahu, cara ini adalah yang paling akurat saat ini untuk mencari pencuri artikel. Jika kamu merasa kerepotan dengan langkah yang harus dikerjakan, untuk meringankannya kita bisa melakukan pengelompokan prioritas. Contohnya:
  • Autoblog (blog yang otomatis mencuri artikel dari email subscription) harus diutamakan karena dia benar-benar merusak rangking artikel original serta blog kita.
  • Yang kedua, artikel-artikel yang paling laris.
  • Dan artikel yang tidak terlalu laris diproses paling akhir.

Artikel terkait : Bagaimana Cara Mencari Pencuri Artikel dengan Akurat?

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved