Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Mengatasi Pencurian Artikel dengan DMCA Takedown

Kegiatan copy paste artikel bisa dikatakan sebagai pencurian hak cipta. Hal ini merupakan salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan para Blogger jika terjadi pada blog miliknya. Jelas pantas untuk dikeluhkan, berhubung saat membuat satu artikel saja kita membutuhkan waktu berjam-jam bahkan tidak jarang memakan waktu berhari-hari dalam merangkai paragraf sehingga artikel yang kita buat menjadi menarik dan berbobot. Kemudian datang seseorang yang menyepelekan pekerjaan kita, dengan beberapa sentuhan dan beberapa klik dari tangan kanan nakalnya yang memegang mouse, artikel yang susah payah kita buat tersalin dalam hitungan menit pada blog lain. Sungguh menjengkelkan, bukan?

Ada beragam jalan yang bisa dilakukan dalam melakukan pencurian artikel, misalnya pencurian artikel dari halaman feedburner, namun yang paling utama adalah yang dilakukan langsung dari halaman Blog. Tidak jarang sebelum melakukan copy paste artikel, si "pencuri" meminta izin kepada pemilik artikel yang diincarnya dengan berkata manis "izin share ya, saya akan menyertakan link sumbernya". Jangan merasa senang dengan penawaran ini, karena meski pun memang jika dia menyertakan link sumber maka akan menjadi poin sebagai backlink yang mengarah ke halaman artikel kita, namun tidak sebanding dengan banyak kerugian yang akan ditimbulkan salah satunya terbentuk duplikat konten. Jika terjadi pencurian artikel dan kamu merasa tidak rela dengan hal ini, kamu bisa mengajukan DMCA Takedown pada Google untuk blog yang mencuri artikel.

DMCA Takedown

Sekilas Tentang Duplikat Konten

Beberapa artikel atau konten dengan isi yang serupa merupakan duplikat konten. Tindakan Google dalam memperlakukan konten-konten duplikat ini tergantung pada panjang atau banyaknya isi yang serupa pada artikel atau konten lain. Jika panjangnya mencapai keseluruhan maka jelas Google akan menganggapnya sebagai artikel atau konten duplikat. Namun jika panjangnya hanya sekitar satu paragraf saja, Google masih menganggap bahwa itu hanya sebatas pengutipan singkat saja dan Google masih memberikan semacam toleransi.

Kerugian bagi Blogger

Masalah pencurian artikel dapat menimbulkan kerugian yang beragam tergantung dari reputasi blog original dan blog pencuri artikel itu sendiri. Jika ada sebuah blog yang baru berumur satu bulan mencuri artikel dari situs-situs besar misalnya yahoo, maka pekerjaan tersebut hampir sia-sia. Namun akan menjadi masalah serius jika pencurian artikel itu terjadi pada blog dengan rangking menengah ke bawah seperti milik kita, apalagi jika pencuri artikel berjumlah puluhan blog atau bahkan tidak menutup kemungkinan mencapai ratusan.

Layanan dari Google untuk memilah dan menilai kualitas artikel atau konten duplikat adalah Algoritma Google Panda. Layanan ini bekerja cukup efektif, jika terdapat banyak artikel atau konten dengan isi yang serupa, maka sang Panda lebih menyukai konten yang telah lama. Jika kamu pemilik artikel yang original dan telah menemukan beberapa blog pencuri artikel, silakan lakukan percobaan. Lakukan pencarian dengan keyword yang mengarah pada artikel originalmu. Kemudian perhatikan posisi blog kamu pada hasil pencarian Google. Jika blog kamu terdapat pada posisi paling atas dan blog-blog pencuri artikel berada di bawahnya, maka index blog kamu belum terkalahkan oleh blog pencuri. Meskipun Google panda lebih menyukai artikel yang telah lama dibuat dan artikel originalmu tetap memiliki index paling atas, namun tetap saja merugikan karena artikel original kamu dianggap masih termasuk duplikat konten dan jelas akan mempengaruhi rangking. Lebih menjengkelkan lagi karena tidak jarang blog pencuri artikel memiliki trik-trik tertentu dan mampu mengalahkan index artikel original. Jelas merupakan kerugian yang besar bagi blog kamu dan kamu perlu segera memutuskan apakah blog-blog pencuri artikel itu akan diatasi atau tidak.

Mengatasi Pencurian Artikel dengan DMCA Takedown

Sebelum kamu mengatasi pencurian artikel, tentunya kamu harus menemukan blog yang mencuri artikel. Kemudian dengan menjunjung nilai kemanusiaan, terlebih dahulu kamu bisa menghubungi pemilik blog pencuri artikel untuk memberitahukan bahwa kegiatan copy paste artikel itu tidak baik dilakukan, dan mintalah untuk segera menghapus artikel yang bersangkutan. Jika si pencuri tidak memberi tanggapan atau bahkan dia malah memberi tanggapan yang negatif, maka kita kesampingkan dahulu nilai kemanusiaan ini karena si pencuri juga tidak mempedulikanya. Segeralah untuk mengajukan DMCA Takedown untuk blog pencuri artikel pada Google.
  • Silakan masuk ke Halaman Pelanggaran Hak Cipta Blogger - DMCA.
  • Masukan data-data kamu pada informasi kontak seperti contoh di bawah ini. Nama perusahaan bisa kamu isi dengan nama blog.
  • Pada bagian karya berhak cipta milik anda, kamu diminta untuk memasukan data tentang artikel atau konten original milik kamu. Ikuti contoh gambar di bawah ini.
  • Opsi Di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut?, silakan kamu isi dengan url artikel original.
  • Opsi Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta, kamu isi dengan url artikel original disertai dengan uraian, contohnya dengan memberikan informasi tanggal pembuatan.
Mengatasi Pencurian Artikel dengan DMCA Takedown
  • Pada Lokasi materi yang diduga melanggar, silakan masukan url-url artikel dari blog pencuri artikel.
  • Pada pernyataan tersumpah, silakan centang semua opsi yang diberikan.
  • Pada bagian tanda tangan, kita hanya perlu memasukan nama lengkap sebagai pengganti tanda tangan tersebut.
  • Setelah semua data yang diminta telah diisi dengan lengkap, maka terakhir silakan klik kirim.
Kamu akan menerima email dari google pada email yang sebelumnya kamu isikan di bagian informasi kontak. Tindakan Google selanjutnya adalah memeriksa keaslian artikel dan artikel hasil pencurian yang kita laporkan. Jika artikel yang kita punya memang original dan url yang dilaporkan terbukti mencuri artikel dari blog kita, maka tindakan akhir dari Google adalah menghapus artikel-artikel yang melanggar hak cipta itu. Jika setelah dilaporkan dan ditindak oleh Google si pencuri masih melakukan pencurian artikel, silakan laporkan lagi. Dan pengajuan DMCA Takedown yang kedua ini atau keesokan hari terjadi lagi, akan berakibat lebih fatal bagi si pencuri artikel, bisa sampai dilakukan penghapusan blog bahkan penghapusan akun.

Artikel terkait : Mengatasi Pencurian Artikel dengan DMCA Takedown

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved