Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Cara Membedakan Blog Dofollow dengan Nofollow

Setiap Blogger tidak terlepas dari kegiatan mengunjungi Blog milik orang lain. Tujuannya ada yang mencari referensi, tambahan ilmu, membuat perbandingan, berburu backlink dan sebagainya. Semua yang disebutkan tadi adalah kegiatan blogwalking dengan tujuan yang baik. Adakah kegiatan blogwalking yang tujuannya tidak baik? Tentu saja ada, misalnya mencuri artikel. Semoga kita selalu menjadi Blogger yang baik dan jauh dari kegiatan-kegiatan yang tidak memiliki sopan santun seperti tadi.

Oke kembali ke topik pembahasan. Telah disebutkan bahwa salah satu tujuan baik dari blogwalking adalah berburu backlink, namun meskipun begitu kegiatan ini perlu kita kontrol. Karena jika kita melakukan hal ini dengan berlebihan, dapat menyebabkan kerugian bagi pemburu backlink dan pemilik blog. Telah dijelaskan sebelumnya bagaimana backlink yang berkualitas itu? Salah satunya dilihat dari jumlah backlink, jumlah referring domain, pagerank halaman yang ditanam backlink, dan pemilihan antara backlink dofollow dengan nofollow.

Lebih baik backlink nofollow atau dofollow? Ada pernyataan bahwa backlink dofollow akan memberikan poin pada halaman blog yang kita miliki, sedangkan backlink yang nofollow tidak. Sehingga para Blogger lebih sering memburu backlink dari Blog yang dofollow, bahkan seluruh backlink yang ia tanam berada pada Blog yang dofollow. Namun telah dijelaskan sebelumnya Apa perbedaan antara Nofollow dengan Dofollow? Saya menyatakan bahwa backlink yang Nofollow pun tetap kita butuhkan. Justru terlalu banyak backlink dan seluruhnya dofollow akan membuat performa Blog kita menjadi lambat. Jika ditambahkan beberapa backlink nofollow barulah terlihat peningkatan performa yang baik. Karena dengan ditambahkan backlink nofollow ini menunjukan bahwa blog kita memiliki pertumbuhan backlink yang alami.

Jadi saat kita mengunjungi halaman Blog lain untuk berburu backlink, carilah halaman blog yang dofollow untuk meningkatkan poin Blog kita. Namun imbangi dengan memasang backlink pada halaman Blog yang nofollow sebagai indikator pertumbuhan backlink yang alami.

Membedakan Blog Dofollow dengan Nofollow

Agar perburuan backlink ini tepat sasaran, bagaimana cara membedakan blog yang dofollow atau nofollow itu sendiri?

Cara Membedakan Blog Dofollow dengan Nofollow

Cara yang akan saya bagikan kali ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sudah cukup lama menggeluti dunia Web dan Blog. Namun bagi para pemula, hal ini akan menjadi informasi yang berguna dalam melakukan aktifitas Blogging. Untuk membedakan mana blog yang dofollow atau nofollow, kita bisa menggunakan add on pada browser yang kita pakai. Saya akan beri contoh pada 2 browser yang menurut saya paling populer dan banyak digunakan yaitu Mozila Firefox dan Google Chrome.

Mozila Firefox - NoDoFollow

  • Silakan pasang atau download add on NoDoFollow pada link ini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/nodofollow/.
  • Setelah terpasang pada Firefox, kemudian bukalah halaman yang ingin kamu ketahui apakah Blog nofollow atau dofollow.
  • Kemudian lihatlah bagian yang bisa kita tanam backlink, misalnya form komentar.
  • Terakhir silakan klik kanan dan pilih "NoDoFollow".
  • Jika setiap link pada form kometar berwarna merah, maka itu adalah Blog Nofollow. Dan jika setiap link from komentar berwarna biru, maka itu adalah Blog Dofollow.
Blog Nofollow

Google Chrome - SEO for Chrome

  • Silakan buka halaman Add-on SEO for Chrome pada link ini https://chrome.google.com/webstore/detail/seo-for-chrome/oangcciaeihlfmhppegpdceadpfaoclj, kemudian klik Add to Chrome.
  • Setelah terpasang, maka bukalah halaman yang ingin kamu ketahui apakah Blog nofollow atau dofollow.
  • Kemudian lihatlah bagian yang bisa kita tanam backlink, seperti from komentar.
  • Terakhir klik menu SEO for Chrome di sudut kanan atas, kemudian aktifkan "show nofollow".
  • Tools ini akan menampilkan link nofollow dengan tanda garis berwarna merah mengitari link. Jika setiap link pada form komentar tidak memiliki tanda tersebut, maka itu adalah Blog dofollow. Dan sebaliknya jika setiap link pada form komentar memiliki tanda tersbut, maka itu adalah Blog nofollow.

Artikel terkait : Cara Membedakan Blog Dofollow dengan Nofollow

Artikel B-Tutorial Lainnya :

1 komentar:

  1. kalo tandanya dia blog dofollow, bagus buat letakin url ya mas?

    ijin share ya
    http://www.bangnasti.xyz/2017/01/mengatur-tampilan-template-turorial-blogku-mas-sugeng-lengkap.html

    ReplyDelete

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved