Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Cara Membuat Blog Dofollow atau Nofollow

Dari beberapa referensi yang saya baca pada Blog lain, blog nofollow atau blog dofollow saya rasa bukanlah istilah baku di dunia Web/Blog. Namun setelah terciptanya "rel=nofollow" pada elemen link, Blogger yang kurang berkenan dengan hal tersebut membuat istilah "Blog Dofollow". Mengapa demikian? Karena Blog Dofollow dapat memberikan poin pada Blog lain, sedangkan Blog yang menerapkan rel="nofollow" dianggap kurang bersahabat. Namun sebenarnya penciptaan rel="nofollow" sendiri bertujuan untuk meminimalisir konten-konten spammy yang dapat menyebabkan jatuhnya rangking sebuah Web/Blog.

Di dunia Blogger, istilah Blog Dofollow atau Blog Nofollow sendiri dilihat dari form komentar. Jika saat kita membuat link pada form komentar dan tercipta backlink dofollow, maka halaman itu adalah Blog Dofollow. Sedangkan, jika kita membuat link pada form komentar dan tercipta link nofollow, maka halaman itu adalah Blog Nofollow. Meskipun secara default setiap link yang ada pada Blog adalah link dofollow (jika kita tidak memberikan rel="nofollow" di dalamnya). Yang membedakan hanya pada bagian yang bisa kita buat backlink, seperti form komentar.

Telah disebutkan bahwa terciptanya rel="nofollow" tidak lain adalah untuk kebaikan juga, namun sebagian Blogger mengabaikan hal tersebut dan tetap menjadi Blog Dofollow agar bisa saling memberi poin dengan Blog lain. Kini apakan kamu akan memilih menjadi Blog Dofollow atau Blog Nofollow? Silakan cari tau lebih banyak lagi Apa perbedaan Nofollow dengan Dofollow agar dapat memutuskan hal tersebut.

Membuat Blog Dofollow atau Nofollow

Jika kamu telah mendapat keputusan yang bulat, silakan lanjutkan akan dibuat seperti apa blog kamu. Namun sebelumnya kamu harus tau cara membedakan Blog Nofollow dengan Dofollow untuk mengecek keadaan blog kamu saat ini.

Mengubah Blog Menjadi Dofollow

Secara default keadaan pertama Blog kita itu adalah nofollow, atau dengan kata lain telah diterapkan rel="nofollow" pada form komentar. Yang perlu kita lakukan untuk menjadi Blog Dofollow adalah dengan menghapus rel="nofollow" tersebut.
  • Buka dashboard Blogger kamu masing-masing.
  • Kemudian silakan buka halaman Template kemudian klik Edit HTML.
  • Silakan cari script berikut kemudian hapus kode rel='nofollow'.
<a expr:href='data:backlink.url' rel='nofollow'><data:backlink.title/></a>
<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'><data:comment.author/></a>
  • Jika kamu kesulitan dalam menemukan script tersebut, coba cari sebagian kodenya. Misalkan <data:backlink.title/> atau <data:comment.author/>.
  • Setelah rel="nofollow" pada form kometar telah terhapus, maka Blog kamu kini adalah Blog Dofollow.

Mengubah Blog Menjadi Nofollow

Mengapa secara default telah diterapkan rel="nofollow" pada form komentar Blog kita? Ini bertujuan pihak Blogger untuk membantu meminimalisir konten-konten spammy yang sering terjadi pada form komentar. Jika kamu lebih tertarik untuk menjadi Blog Nofollow, silakan ikuti langkah berikut. Namun sebelumnya cek terlebih dahulu keadaan Blog kamu, karena secara default Blog kamu adalah Blog Nofollow.
  • Buka dashboard Blogger kamu masing-masing.
  • Kemudian silakan buka halaman Template kemudian klik Edit HTML.
  • Silakan cari script berikut kemudian tambahkan kode rel='nofollow' di dalamnya.
<a expr:href='data:backlink.url'><data:backlink.title/></a>
<a expr:href='data:comment.authorUrl'><data:comment.author/></a>
  • Jika kamu kesulitan dalam menemukan script tersebut, coba cari sebagian kodenya. Misalkan <data:backlink.title/> atau <data:comment.author/>.
  • Setelah rel="nofollow" pada form kometar telah ditambahkan, maka Blog kamu kini adalah Blog Nofollow.
Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa secara default setiap kita membuat link di dalam Blog, entah itu pada posting, laman, template dan sebagainya, kita telah membuat link Dofollow untuk halaman target link. Jika memang ingin menjadi Blog Nofollow, maka saat menyisipkan link buatlah nofollow juga, dengan cara menambahkan rel="nofollow" pada elemen link tersebut. Namun saran dari saya sendiri, tidak masalah kita membuat link dofollow untuk blog lain, yang penting bisa kita kontrol sehingga tidak membuat konten di dalam blog menjadi spammy.

Beginilah contoh kode HTML untuk menerapkan rel="nofollow" saat membuat link yang saya praktikan saat membuat posting.

<a href="http://b-tutorial.blogspot.co.id/2016/03/apa-perbedaan-nofollow-dengan-dofollow.html" target="_blank" rel="nofollow">Apa perbedaan Nofollow dengan Dofollow</a>
Membuat link dalam posting

Artikel terkait : Cara Membuat Blog Dofollow atau Nofollow

Artikel B-Tutorial Lainnya :

2 komentar:

  1. Ternyata sangat mudah sekali caranya untuk merubah blog menjadi dofollow atau nofollow.

    Untuk informasi mengenai SEO bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/belajar-seo.html

    ReplyDelete
  2. info yang sangat bermanfaat..thanks

    ReplyDelete

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved