Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Cara Membuat Dynamic Heading di Blog

Dynamic heading adalah judul halaman yang selalu berubah-ubah dan menyesuaikan dengan judul artikel. Hal ini menjadi trik SEO yang ampuh karena tujuan utama dari dipasangnya dynamic heading adalah agar judul artikel memiliki heading tag h1. Sehingga judul artikel akan dianggap yang paling penting dan tentu saja menjadi bagian pertama yang diindeks robot search engine.

Jika biasanya pada setiap halaman akan tertulis nama blog kamu, namun dengan diterapkannya heading yang dinamis ini nama blog kamu hanya akan tertulis pada halaman homepage dan halaman tertentu saja. Sedangkan di halaman artikel, judul halaman akan menampilkan judul artikel.

Dynamic Heading

Kemudian bagian judul artikel pun tidak hilang sehingga pada satu halaman akan menampilkan dua judul artikel. Hal ini tidak akan jadi masalah karena meskipun terdapat frasa yang sama namun memiliki heading tag yang berbeda. Yang penting tag h1 hanya ada satu saja setiap halaman, sedangkan h2 dan seterurnya boleh lebih dari satu. Untuk mengatur heading tag pada bagian lain, perlu kamu tau juga cara membuat heading tag yang SEO friendly.

Selanjutnya silakan perhatikan gambar berikut ini.

 Dynamic Heading

Bagian bergaris bawah warna merah adalah Titel tag, bagian kotak berwarna merah yang pertama adalah judul halaman dan yang kedua adalah judul artikel. Di sini terlihat bahwa judul halaman yang biasanya menampilkan nama Blog kini mengikuti judul artikel. Tiga bagian ini adalah bagian terpenting pada sebuah halaman. Maka jangan sampai kamu merasa rugi karena mengatur bagian ini dengan cara yang kurang benar.

Title Tag

Banyak blog yang masih menggunakan title tag biasa, yaitu selalu menampilkan nama Blog di dalamnya. Misalkan blog yang bernama "Dunia Komputer" membuat artikel dengan judul "Cara Memperbaiki Power Supply". Frasa yang ditampilkan pada title tag yaitu "Dunia Komputer : Cara Memperbaiki Power Supply", atau bahkan tetap hanya "Dunia Komputer". Padahal keyword "dunia komputer" dalam pencarian akan lebih minim dibandingkan dengan keyword "cara memperbaiki power supply". Maka akan lebih baik lagi jika pada title tag menampilkan frasa "Cara Memperbaiki Power Supply | Dunia Komputer", atau sekalian bagian "Dunia Komputer di hilangkan saja".

Dengan mengetahui hal tadi maka kita mengerti bahwa sama seperti dynamic heading, title tag yang dibuat mengikuti judul halaman pun baik untuk pengoptimalan SEO. Untuk mengatur title tag sendiri bisa kamu lihat di artikel Cara Membuat Meta Tag yang Optimal untuk SEO.

Sedangkan untuk topik utama kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat judul halaman menjadi dinamis. Silakan simak langkah-langkahnya.

Membuat Dynamic Heading di Blog

Kita akan membuat judul halaman menampilkan nama Blog di homepage, dan menampilkan judul artikel di halaman artikel. Namun sebelum melangkah lebih jauh, silakan amankan dahulu template yang saat ini kamu gunakan agar bisa kamu kembalikan seperti semula saat terjadi hal-hal tidak diinginkan. Pada menu Template pilih cadangkan/pulihkan kemudian klik unduh template lengkap.
  • Silakan masuk ke akun Blogger kalian masing-masing.
  • Kemudian masuklah ke menu Template dan klik Edit HTML.
  • Carilah kode <b:include name='title'/> . Kamu akan menemukan lebih dari satu kode tersebut, maka kali ini kita akan menggunakan teknik percobaan.
  • Kita coba satu-persatu kode tersebut, dan saya menyarankan untuk memilih kode yang paling bawah terlebih dahulu.
  • Ubahlah kode <b:include name='title'/> dengan script berikut.
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>

<b:include name='title'/>

<b:else/>

<data:blog.pageName/>

</b:if>
  • Terakhir klik Simpan Template.
  • Coba lihat artikel Blog kamu, apakah judul halaman kini berubah menampilkan judul artikel? Jika ya maka telah berhasil.
  • Jika tidak, maka hapus script dynamic heading ke kode awal. Kemudian coba pada kode <b:include name='title'/> lainya.

Artikel terkait : Cara Membuat Dynamic Heading di Blog

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved