Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Membuat Heading Tag yang SEO Friendly

Heading Tag adalah bagian yang penting namun cenderung sering diabaikan di dalam Blog. Tag ini berfungsi untuk memberikan judul pada beberapa bagian di dalam Blog. Dengan memberikan tag ini kita seperti memberi tahu robot search engine bahwa "ini yang terpenting, ini yang lebih penting, dan ini yang cukup penting". Setiap template sendiri sebenarnya sudah menerapkan heading tag, namun perlu kita atur lagi agar hasilnya lebih SEO friendly.

Heading Tag yang SEO

Berikut ini adalah bagian-bagian yang penting di dalam Blog sesuai urutannya dan heading tag yang ideal untuk diterapkan pada bagian-bagian tersebut.
  1. Judul Halaman kita beri tag h1
  2. Judul Artikel kita beri tag h2
  3. Poin Artikel kita beri tag h2
  4. Subpoin Artikel kita beri tag h3
  5. Judul Widget kita beri tag h4
Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan screenshot berikut ini.
Heading Tag

Membuat Heading Tag yang SEO Friendly

Cara mengatur heading tag untuk judul halaman, judul artikel dan judul widget kita lakukan di dalam editor template. Pada dashboard Blogger, masuk ke menu template kemudian klik Edit HTML. Sedangkan untuk mengatur Poin dan Subpoin artikel lebih mudah lagi, kita bisa gunakan tools pada interfaces saat membuat posting. Namun sebelum melangkah lebih jauh, terlebih dahulu silakan amankan templata yang kamu pakai saat ini untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan. Pada dasboard Blogger silakan masuk ke halaman Template. Kemudian klik cadangkan/pulihkan, dan pilih unduh template lengkap.

Menerapkan Tag h1 pada Judul Halaman

Kali ini jangan merasa khawatir, judul halaman biasanya secara default telah di atur sebagai tag h1 (kecuali kamu pernah mengubahnya). Tag h1 hanya boleh ada satu saja di setiap halaman Blog. Sedangkan untuk tag h2 dan seterusnya boleh lebih dari satu. Alasannya karena tag h1 menunjukkan bagian yang paling penting di dalam Blog, dan jika kita memasangnya lebih dari satu justru akan membingungkan robot search engine.

Kemudian saran dari saya agar lebih SEO friendly lagi buatlah judul artikel berada di bagian judul halaman. Tujuannya agar judul artikel mendapatkan tag h1 dan dinilai sebagai bagian yang paling penting di dalam Blog. Maka robot search engine terlebih dahulu akan mengindeks judul artikel, bukan judul Blog. Untuk membuatnya seperti demikian, kamu harus Membuat Dynamic Heading pada Blog.

Jika kamu lebih suka nama Blog yang berada di bagian judul halaman, maka tidak usah menerapkan dynamic heading. Selanjutnya kamu hanya perlu memastikan judul halaman memiliki tag h1.
  • Masuk ke menu Tata Letak kemudian cari tahu apa id widget header Blog kamu. Caranya sentuhkan kursor pada link "edit" kemudian perhatikan di bagian bawah akan menampilkan id widget.
  • Selanjutnya pada editor Html Template, silakan cari id widget tersebut. Dan perhatikan script di bawahnya apakah ada kode <h1 class='title' di dalamnya. Jika iya, maka judul halaman telah menggunakan tag h1. Jika tidak maka silakan ubah heading tag menjadi h1.
  • Biasanya terdapat lebih dari satu kode <h1 class='title'. Silakan ubah semuanya menggunakan heading tag h1.

Menerapkan Tag h2 pada Judul Artikel

Sebenarnya lebih baik lagi jika Judul artikel kita beri tag h1. Dengan membuat dynamic heading, maka hal tersebut sudah terpenuhi. Jika tidak menerapkan dynamic heading, maka harus rela kalah saing dengan yang menerapkan dynamic heading. Namun jika sudah menerapkan dynamic heading, maka selanjutnya kita cukup memberi tag h2 untuk judul artikel di bagian ini.

Jika ingin memaksakan untuk menerapkan tag h1 pada judul artikel, dengan cara di bawah ini juga kamu dapat melakukannya. Namun syaratnya kamu perlu menghapus header Blog karena seperti kata saya sebelumnya bahwa tag h1 hanya boleh ada satu saja. Untuk selanjutnya kamu bisa mengisi bagian header dengan gambar.

Pada template bawaan Blogspot

  • Pada editor template, silakan cari kode h3.post (pastikan tidak ada kode "mobile" yang dimuat di dalamnya).
  • Kita akan menemukan lebih dari satu kode h3.post , selanjutnya ubah semua kode tersebut dengan kode h2.post .
  • Selanjutnya cari kode <h3 class='post kemudian ubah seluruhnya dengan kode <h2 class='post .
  • Terakhir ubah juga ujung tag </h3> menjadi </h2> .

Pada template Hasil Download

Di dalam editor template, silakan cari kode post-title entry-title .
Perhatikan heading tag di dalamnya, jika bukan h2 maka ubahlah menjadi h2. Sehingga kodenya menjadi seperti ini <h2 class='post-title entry-title'> .

Menerapkan Tag h4 pada Judul Widget

Kali ini akan sedikit merepotkan, karena kita harus mengubah heading tag pada widget yang ada di dalam blog satu-persatu.
  • Pada dashboard Blogger silakan masuk ke menu Tata Letak.
  • Kemudian cari id pada widget dengan cara menyentuhkan kursor pada link "edit". Dan id widget pun akan ditampilkan pada bagian bawah.
  • Selanjutnya pada editor Template silakan cari id widget tersebut.
  • Coba perhatikan script di bawahnya. Pada template yang saya gunakan secara default judul widget menggunakan tag h2. Jika punya kamu juga bukan tag h4, maka silakan ubah menjadi tag h4.
  • Kemudian lakukan langkah-langkah tadi pada widget-widget yang lain.

Heading Tag untuk Poin dan Subpoin dalam Posting

Untuk yang satu ini jauh lebih mudah lagi. Saat membuat artikel dan terdapat poin-poin didalamnya, kita perlu memberikan tag heading pada poin-poin tersebut menggunakan tools yang sudah tersedia di dalam interfaces saat membuat posting posting. Terapkan lah "heading (h2)" pada poin, dan "subheading (h3)" pada subpoin.

Artikel terkait : Membuat Heading Tag yang SEO Friendly

Artikel B-Tutorial Lainnya :

1 komentar:

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved