Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Membuat Meta Tag yang Optimal untuk SEO

Saat ini robot search engine sudah memiliki performa kerja yang mandiri sehingga dalam konfigurasi meta tag bisa dilakukan lebih sederhana dibandingkan jauh-jauh hari yang dahulu. Meta tag sendiri adalah konfigurasi pada template blog yang berfungsi agar robot search engine dapat mengenali dan menilai detil informasi pada sebuah Blog. Berbeda dengan dahulu dalam mengkonfigurasi meta tag ini terbilang sangat merepotkan, namun saat ini kita tidak perlu melakukan terlalu banyak pekerjaan dalam mengoptimalkannya.

Macam-macam dari meta tag sendiri sebenarnya cukup banyak dan semuanya berfungsi sebagai alat pengenal Blog pada robot search engine. Berhubung saya sendiri belum paham betul semua meta tag ini, lagipula tidak semua meta tag berpengaruh pada peningkatan rangking, bahkan sebagian diantaranya kini diabaikan oleh robot search engine, maka kali ini saya hanya akan membahas meta-meta tag yang optimal untuk SEO.

Walaupun hanya sedikit yang akan saya bahas, namun topik ini perlu kita pahami dengan sangat teliti dan hati-hati agar hasilnya dapat benar-benar optimal. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, silakan kamu amankan terlebih dahulu template yang saat ini terpasang pada Blog. Caranya pada halaman dashboard Blogger silakan masuk ke menu Template, klik cadangkan/pulihkan kemudian unduh template lengkap. Mari kita belajar bersama-sama berhubung saya juga masih dalam proses belajar.

Meta Tag yang SEO

Meta Tag yang Dapat Mengoptimalkan SEO

Title Tag

Sebenarnya yang satu ini bukanlah salah satu dari meta tag. Namun karena penempatan script title tag biasanya berdampingan dengan script-script meta tag, title tag akan saya bahas. Hasil dari konfigurasi title tag ini bisa kita lihat pada tabs Browser yang kita gunakan. Saat berada di halaman homepage, tabs browser hanya akan menampilkan nama Blog kita. Sedangkan saat berada di halaman artikel, tabs browser akan menampilkan judul artikel.
  • Pada dashboard Blogger silakan masuk ke menu Template dan klik Edit HTML.
  • Kemudian carilah kode <title> atau </title> dan perhatikan script di sekitarnya.
  • Pada template bawaan Blogspot biasanya secara default susunan dari title tag adalah seperti berikut.
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/> | <data:blog.title/>
</b:if>
</title>
  • Sedangkan pada template hasil download terutama template yang dirancang SEO Friendly, mungkin susunan dari title tag akan berbeda lagi, ditambah lagi biasanya akan terdapat banyak meta-meta tag yang sudah tertanam yang pasti akan membuat kamu bingung saat pertama melihatnya. Namun kali ini fokuslah pada title tag.
  • Hapuslah title tag yang ada, yaitu script dari <title> sampai </title>.
  • Jika pada template hasil download terdapat banyak script <title> sampai </title>, maka saat ini kamu perlu benar-benar sangat teliti mana title tag yang saya maksud. Setelah kamu temukan title tag yang dimaksud, silakan hapus.
  • Kemudian ganti dengan susunan title tag yang optimal untuk SEO berikut ini.
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
  • Bagaimana jika pada template sama sekali belum terpasang title tag? Silakan letakan susunan title tag tadi tepat di bawah kode <head>.

Meta Description

Dahulu dalam konfigurasi meta description kita harus meletakan kode seperti berikut. Meta tag ini untuk memberikan deskripsi penelusuran untuk Blog kamu, belum lagi konfigurasi meta description untuk setiap artikel.
<meta name='description' content='Deskripsi Blog Sobat'/>
Kini pihak Blogger memberikan fasilitas untuk memudahkan kita dalam mengkonfigurasi metea description sehingga pengerjaanya kini jauh lebih praktis. Silakan Baca artikel sebelumnya yaitu Cara Memasang Meta Description Tag di Blog.

Jika kamu telah mengkonfigurasi meta description tag, silakan periksa template blog kamu apakah terdapat script meta description? Jika iya, maka hapuslah script tersebut agar tidak terjadi duplikat deskripsi pada Blog kamu.

Meta Robots

Meta tag ini digunakan untuk memberikan izin atau tidak pada robot search engine dalam mengindeks halaman Blog kita. Contoh perintah di dalamnya adalah index/noindex dan follow/nofollow. Script dari meta robots ini adalah seperti berikut.
<meta name='robots' content='index, follow' />
Telah disebutkan sebelumnya bahwa kini kinerja robot search engine sudah mandiri, sehingga tidak memerlukan perintah lagi untuk dapat mengindeks halaman Blog kita. Maka jika kamu menemukan script meta robot di dalam template, silakan hapus script tersebut karena kini tidak diperlukan. Atau dibiarkan juga tidak apa-apa.

Namun untuk pengoptimalan SEO, meta robots ini dapat kita gunakan untuk menghentikan salah satu index halaman di blog kita. Contohnya halaman arsip adalah halaman yang dapat menimbulkan duplikat konten. Kita dapat mencegah hal tersebut dengan menanam script meta robots berikut tepat di bawah kode <head>.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<title>Archive For <data:blog.pageName/></title>
<meta content='noindex,nofollow,noarchive' name='robots'/>
<b:else/></b:if>

Meta Keyword

Meta tag ini berfungsi untuk menunjukan topik apa saja yang paling menonjol di dalam Blog kita. Mengingat bahwa kinerja robots search engine kini lebih mutakhir, muncul pendapat bahwa meta tag ini tidak berpengaruh lagi pada rangking Blog. Namun melihat fungsi nya yang dirasa cukup penting, tidak ada salahnya kita untuk tetap memasang meta tag ini. Silakan tanamkan script berikut tepat di bawah kode <head> kemudian masukan keyword. Namun jangan memasukan lebih dari 3 keyword agar tidak berdampak buruk pada Blog kamu.
<meta name='keywords' content='keyword, blog, sobat' />

Meta Tag yang Buruk untuk SEO

Selain 4 meta tag sebelumnya yang baik untuk seo, meta tag berikut ini tidak baik untuk di pasang. Maka jika meta tag ini telah terpasang pada Blog kamu, silakan lepas.

Meta Revisit After

Meta tag ini digunakan untuk mengatur periode pengindeksan sesuai dengan keinginan kita. Namun lama kelamaan meta tag ini digunakan secara berlebihan oleh para spammer sehingga Google kini mengabaikan bahkan cenderung tidak menyukai meta tag ini. Lagipula tanpa adanya meta tag ini, google sendiri akan melakukan pengindeksan dan biarkan periodenya ditentukan oleh Google. Contoh dari meta tag ini adalah seperti berikut:
<meta content='2 days' name='revisit-after'/>

Meta Refresh

Meta tag ini tidak dianjurkan oleh banyak pihak dan pengunjung tidak akan menyukai hasil dari diterapkannya meta tag ini. Bagaimana tidak, meta tag ini digunakan untuk melakukan muat ulang halaman dalam waktu yang ditentukan. Coba kita bayangkan, saat pengunjung asyik membaca artikel di Blog kita, tiba-tiba halaman memuat ulang dengan sendirinya. Tentu akan membuat pengunjung bingung dan kesal. Yang membuat Google tidak menyukai meta tag ini adalah karena digunakan untuk kecurangan yakni dapat melambungkan jumlah page view per visitor. Contoh dari script meta refresh ini adalah seperti berikut:
<meta http-equiv='refresh' content='10'/>

Selain meta-meta tag yang baik dan yang buruk untuk SEO diatas, masih banyak meta tag lain seperti berikut ini:

Meta Tags

Jika kamu mengerti akan setiap fungsinya, silakan optimalkan. Namun jika tidak mengerti sama sekali, biarkan saja atau sekalian lepaskan dari template blog kamu. Yang terpenting sekarang adalah kamu mengetahui meta tag yang mana saja yang berguna untuk pengoptimalan SEO, dan meta tag apa saja yang justru bisa merugikan. Sedangkan meta tag yang lainya kali ini jangan terlalu dipikirkan.

Selain beberapa meta tag yang perlu kita konfigurasi, terdapat hal lain yang perlu kita lakukan sebagai trik pengoptimalan SEO yaitu membuat heading tag yang SEO Friendly.

Artikel terkait : Membuat Meta Tag yang Optimal untuk SEO

Artikel B-Tutorial Lainnya :

1 komentar:

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved