Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Menghapus dan Mengganti Header Blog dengan Gambar

Masih pada permasalahan bagaimana menerapkan heading tag yang baik untuk Blog. Penerapan heading tag itu berfungsi untuk memberitahukan kepada robot search engine tentang tingkatan bagian-bagian yang penting di dalam blog. Misalnya tag h1 adalah bagian yang paling penting, h2 adalah bagian yang penting, dan h3 adalah bagian yang cukup penting.

Sebaiknya kita memberikan tag h1 pada bagian Judul artikel agar dinilai sebagai bagian yang paling penting dan menjadi bagian yang pertama diindeks oleh robot search engine. Untuk membuatnya seperti demikian saya telah menyarankan untuk menerapkan dynamic heading pada Blog. Dengan ini judul artikel pada blog telah memiliki tag h1, namun header blog akan menampilkan judul artikel.

Mengganti Header Blog

Jika kamu kurang menyukai tampilanya, sebenarnya tanpa menerapkan dynamic heading pun kamu bisa memberikan tag h1 pada judul artikel. Namun karena secara default bagian header blog itu biasanya memiliki tag h1, kemudian kamu memberikan tag h1 juga pada judul artikel, maka tag h1 pada blog akan menjadi dua bagian.

Jumlah tag h1 yang lebih dari satu akan berdampak buruk bagi kelangsungan blog kamu. Alasannya karena dengan demikian kamu memberi keterangan bahwa terdapat dua bagian yang paling penting di dalam blog sehingga membuat robot search engine bingung. Jadi kalau sudah begini kita harus berbuat apa?

Menghapus dan Mengganti Header Blog dengan Gambar

Alasan Menghapus Bagian Header

Jika kamu tetap ingin memberikan tag h1 pada judul artikel, namun tidak berkenan untuk menerapkan dynamic heading, cara mengatasinya kamu bisa menghapus bagian header blog dan menggantinya dengan sebuah gambar. Dengan ini maka setelah kamu menerapkan tag h1 pada judul artikel, jumlah tag h1 hanya akan ada satu karena tag h1 yang terdapat pada header blog akan hilang setelah kamu menghapus bagian header blog.

Alasan lain seorang blogger menghapus bagian header blog adalah karena header yang biasanya menampilkan judul blog dan deskripsi blog dirasa kurang memiliki tampilan yang bagus. Sehingga ia menghapus bagian tersebut kemudian menggantinya dengan gambar yang biasanya berisi logo dan judul blog. Dengan ini mereka bisa berkreasi sehingga tampilan blog memiliki ciri khasnya sendiri.

Jika kamu hendak menghapus dan mengganti header blog menjadi gambar, dengan alasan hanya pada permasalahan tampilan, maka kamu perlu memahami tentang tag heading terlebih dahulu. Sehingga setelah kamu menghapus bagian header, blog kamu tetap memiliki bagian yang penting yaitu tag h1. Karena dengan menghapus bagian header ini, bisa jadi kamu telah menghilangkan bagian tag h1 di dalam blog.

Menghapus Bagian Header

  • Elemen header itu dirancang terpasang dengan paten di dalam blog. Sehingga kita perlu melakukan beberapa trik untuk dapat menghapus bagian header tersebut.
  • Pertama tentunya kamu buka dashboard blogger, kemudian masuk ke menu Tata Letak.
  • Selanjutnya kamu perlu mencari tahu apa widget id untuk bagian header. Caranya sentuhkan kursor pada link Edit yang terdapat di bagian elemen header. Kemudian kamu bisa mengetahui widget id tersebut pada tulisan yang muncul di bagian bawah.
  • Setelah kamu tahu widget id elemen header, maka selanjutnya silakan masuk ke menu Template. Dengan tombol ctrl + F lakukan pencarian nama widget id elemen header yang telah kamu ketahui.
  • Kamu akan menemukan script widget header yang di dalamnya terdapat kode locked='true' dan showaddelement='no'. Ubah kode tersebut dengan kode locked='false' dan showaddelement='yes'. Kemudian klik Simpan Template.
  • Kini widget header sudah tidak terkunci lagi, silakan kamu kembali masuk ke menu Tata Letak kemudian sekarang kamu bisa menghapus widget Header.

    Mengganti Header Blog dengan Gambar

    • Karena sebelumnya telah diterapkan kode showaddelement='yes', maka setelah kamu menghapus widget header kamu bisa langsung menambahkan kembali sebuah widget pada bagian yang di tinggalkan widget header.
    • Namun jika sebelumnya kode showaddelement='no' dibiarkan, maka setelah kamu menghapus widget header maka elemen tersebut akan menghilang dari menu Tata Letak.
    • Maka selanjutnya silakan kamu klik tambahkan gadget pada bagian yang di tinggalkan widget header. Kemudian pilih widget gambar.
    Widget gambar
    • Silakan berikan judul dan keterangan pada gambar. Kemudian pada bagian "hubungkan", masukan target link yang berfungsi saat terjadi klik pada gambar.
    • Masukan gambar yang kamu inginkan. Kamu bisa mengunggah langsung dari komputer atau dengan memasukan url gambar yang yang bisa diakses di dalam internet.
    • Jika ukuran gambar ternyata terlalu besar, kamu bisa mencentang opsi susutkan gambar agar dilakukan penyesuaian antara ukuran gambar dengan ukuran kolom widget.
    • Silakan klik Simpan kalau sudah selesai.
    Begitulah cara Menghapus dan Mengganti Header Blog dengan Gambar agar tampilan blog menjadi lebih menarik dan memiliki ciri khas sendiri, atau untuk mengatasi masalah tag h1 ganda yang terjadi di antara judul artikel dan judul blog.

    Artikel terkait : Menghapus dan Mengganti Header Blog dengan Gambar

    Artikel B-Tutorial Lainnya :

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved