Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Pengertian dan Cara Mencegah Broken Link di Blog

Bagi rekan-rekan Blogger yang kurang apik dalam kegiatan nge-blog nya, setelah membaca artikel yang satu ini mudah-mudahan bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Karena ketika kita kurang berhati-hati saat blogging, tentunya akan timbul berbagai dampak buruk bagi blog yang kita miliki. Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan adalah terbentuknya broken link.

Kamu tahu apa itu broken link? Mungkin rekan Blogger yang benar-benar baru terjun ke dunia Blog akan bingung karena mungkin hari ini ia baru mendengar istilah broken link. Tapi bagi rekan Blogger yang sudah cukup lama nge-blog, saya yakin sedikit banyak ia sudah tahu apa itu broken link, namun tidak jarang mereka mengabaikannya.

Hari ini kita akan membahas mengenai broken link. Semoga pembahasan kali ini cukup lengkap dan memberi tambahan ilmu untuk kita semua. Jadi, Apa itu broken link?

Broken Link

Pengertian Broken Link

Kita artikan satu-persatu kata terlebih dahulu. Broken artinya pecah atau rusak, dan link artinya tautan. Jadi broken link berarti tautan yang rusak pada suatu web / blog. Tautan tersebut bisa berasal dari mana saja, selain dari halaman blog kita sendiri bisa juga dari halaman lain. Broken link terjadi ketika ada sebuah tautan yang mengarah ke halaman blog kita, namun targetnya adalah halaman yang kosong atau tidak berisi konten sama sekali.

Lebih tepatnya lagi halaman yang dituju tersebut tidak ditemukan, bukan merupakan halaman kosong yang tidak berisi konten. Karena memang sebenarnya halaman itu tidak ada sama sekali. Namun setelah seseorang mengakses sebuah broken link, maka search engine akan mengindeks halaman baru dengan keterangan "404" atau "Page Not Found". Karena robot search engine telah mengindeks halaman inilah broken link akan berakibat buruk bagi blog kita.

Sebelum membahas akibat dari broken link ini, terlebih dahulu kita bahas penyebabnya agar kita paham mengenai cara pencegahannya.

Penyebab Broken Link

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab terbentuknya broken link dan halaman yang tidak ditemukan. Di awal pembahasan saya nyatakan bahwa terjadinya broken link adalah karena kegiatan nge-blog yang kurang apik. Namun selain itu broken link juga dapat terjadi karena kesalahan server yang tentunya server itu sendiri yang akan memperbaiki kesalahan. Juga ada hal sepele yang jarang kita sadari bahwa broken link juga terjadi karena keteledoran orang lain yang bukan pemilik blog.

Contoh terbentuknya broken link karena kesalahan sendiri adalah saat kita menghapus sebuah posting atau halaman. Rekan Blogger yang kurang apik saat nge-blog tidak jarang melakukan kegiatan buat dan hapus posting dengan sembarangan. Alasannya mungkin ia kurang puas dengan posting yang telah dibuat dan akan membuat posting baru yang serupa. Padahal saat posting telah di publish maka akan terbentuk url untuk halaman posting tersebut. Dan saat posting dihapus, index url pada search engine belum terhapus. Sehingga kini url tersebut akan mengarah pada halaman yang tidak ditemukan.

Kemudian contoh terbentuknya broken link karena keteledoran orang lain adalah saat terjadi kesalahan dalam penulisan url secara tidak disengaja. Misalnya ada kekurangan dan kelebihan karakter saat menulis url, memberikan spasi saat menulis url, dan lain-lain. Ketika seseorang membuat tautan untuk memberikan backlink pada salah satu halaman blog kita, kemudian ia melakukan kesalahan dalam penulisan url, maka tautan ini bisa menjadi broken link. Karena saat ada seorang pengunjung meng-klik tautan tersebut maka akan diarahkan ke halaman "404 page not found". Maka search engine pun akan mengindeks halaman tersebut dan melihat tautan ini sebagai broken link.

Sebenarnya kesalahan penulisan url ini tidak mutlak merupakan keteledoran dari orang lain, kita sebagai pemilik blog pun jelas dapat melakukan keteledoran ini.

Mencegah Broken Link

Saat ini saya kira belum ada trik khusus untuk mencegah terjadinya broken link. Kita hanya bisa melakukan langkah-langkah secara mendasar untuk mencegah broken link ini. Untuk broken link yang terjadi akibat kesalahan server dan keteledoran orang lain, belum memungkinkan untuk kita cegah. Namun dengan memahami penyebab terbentuknya broken link, kita bisa meminimalkan terjadinya broken link yang terjadi akibat keteledoran kita sendiri.

Dengan tidak melakukan hal-hal yang menjadi penyebab terbentuknya broken link juga adalah sebuah upaya pencegahan. Kita jangan sembarangan dalam mempublish serta menghapus halaman dan posting. Jika belum puas dengan isi posting yang dibuat, maka jangan dulu mempublish posting tersebut, karena kita bisa menyimpannya dalam keadaan draft. Dan jika memang karena alasan mendesak kita harus menghapus sebuah posting, maka kita perlu menghapus url nya dari indeks search engine.

Kemudian saat kita membuat backlink untuk halaman blog kita sendiri, masukanlah url dengan teliti. Jika perlu lakukanlah pengecekan ulang pada backilnk yang baru kita buat. Saat kamu menyadari ada kesalahan dalam pembuatan backlink, maka segeralah hapus atau perbaiki baclink tersebut sebelum terindeks oleh search engine.

Karena belum memungkinkannya pencegahan broken link secara menyeluruh, maka sedikit banyak pasti ada broken link pada blog kita. Namun jangan khawatir, kita masih bisa mengatasi broken link ini dengan langkah awal silakan kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah ada broken link pada blog yang kamu miliki.

Akibat dari Broken Link

Broken link ini jelas memiliki dampak buruk bagi blog kita. Jika tidak, maka tidak mungkin informasi ini tercantum pada Google Webmaster Tools dan disertakan sebuah tanda peringatan (biasanya tanda berwarna merah). Jumlah broken link yang cukup banyak pada sebuah blog akan dinilai Google sebagai website yang tidak sehat. Serta jika broken link terus bertambah namun tidak segera diperbaiki maka webmaster (pemiliki web) akan dinilai tidak merawat website yang dimilikinya.

Semakin banyak broken link maka semakin tidak sehat sebuah situs di mata google. Dan semakin jarang diperbaiki maka semakin dinilai sebagai website yang tidak dirawat di mata google. Karena broken link itu akan menampilkan halaman yang tidak memiliki konten sama sekali, maka broken link akan dinilai google sebagai "persembahan" yang kosong untuk pengunjung. Oleh karena itu, semakin banyak broken link terindeks, google akan menurunkan nilai atau ranking dari sebuah web / blog.

Artikel terkait : Pengertian dan Cara Mencegah Broken Link di Blog

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved