Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Bagaimana Cara Mengatasi Broken Link di Blog?

Setelah kamu benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan broken link dan menyadari akan pengaruh-pengaruh buruk yang dapat ditimbulkannya, saya yakin kamu akan melakukan upaya-upaya pencegahan terbentuknya broken link. Namun saat ini saya rasa belum ada trik yang benar-benar ampuh untuk menghindari permasalahan broken link di sebuah blog. Kita hanya dapat meminimalkan masalah tersebut yang tentunya sedikit banyak broken link masih akan tetap ada.

Agar nilai SEO pada blog tidak merosot, dalam masalah broken link ini kita tidak cukup hanya melakukan pencegahan saja. Namun kita perlu mengecek dan mengatasi broken link yang masih tetap terbentuk ini secara rutin. Kita sebut saja ini merupakan salah satu upaya perawatan kesehatan blog. Selain untuk menjaga nilai SEO dan kesehatan blog, dengan rutin mengatasi broken link blog kita akan dinilai terawat oleh pemiliknya karena selalu segera melakukan tindakan ketika muncul masalah pada blog.

Mengenai definisi, sebab dan akibat broken link sudah saya bahas dengan cukup lengkap pada artikel yang lalu. Setelah memahami hal tersebut, selanjutnya kamu harus melakukan upaya pencegahan mendasar kemudian terus melakukan perawatan blog dengan mengatasi broken link. Dan langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan cek broken link secara rutin.

Mengatasi Broken Link

Cara Cek Broken Link

Untuk melakukan cek broken link pada blog, kita bisa menggunakan fasilitas Google Webmaster Tools. Namun syaratnya terlebih dahulu kita harus mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools. Barulah kita bisa melakukan cek broken link dengan mengunjungi halaman ini, https://www.google.com/webmasters/tools/.

Pada halaman tersebut biasanya terdapat daftar blog yang kamu miliki, maka silakan pilih mana blog yang akan kamu cek broken link-nya. Kemudian silakan masuk ke menu Perayapan dan pilih submenu Kesalahan Perayapan. Jika memang terdapat broken link di dalam blog, maka di halaman ini akan muncul daftar broken link. Banyak jenis broken link yang tampil di halaman ini, namun yang paling mungkin untuk di perbaiki adalah jenis broken link tidak ditemukan (404 page not found). Maka silakan pilih jenis broken link tersebut kemudian unduh semua daftar broken link dalam mode CSV.

File yang kamu unduh akan tersimpan di dalam komputer dengan ekstensi csv dan bisa dibuka menggunakan Microsoft Excel. Maka saat ini kamu telah memiliki daftar broken link yang selanjutnya harus kamu atasi.

Cara Mengatasi Broken Link

Ada dua cara yang saya ketahui dalam mengatasi broken link ini, yaitu menghapus broken link dan redirect broken link. Kita harus memilih metode mana yang paling tepat dengan memahami daftar broken link yang telah kita miliki sebelumnya.

Pisahkan daftar broken link ke dalam dua jenis. Jenis pertama adalah broken link yang memang terbentuk karena kita telah menghapus posting atau halaman di dalam blog. Dan jenis kedua adalah broken link yang terbentuk akibat kesalahan penulisan url. Broken link jenis pertama lebih tepat untuk kita hapus karena memang halaman sudah benar-benar tidak ada. Sedangkan broken link jenis kedua lebih baik kita redirect karena halaman yang dimaksud sebenarnya bisa diakses jika tidak ada kesalahan saat menulis url.

Menghapus Broken Link

Misalnya di dalam daftar terdapat broken link dengan url seperti berikut.
http://www.b-tutorial.com/2014/05/apa-itu-seo-search-engine-optimization.html
Kemudian kita ingat-ingat lagi atau bisa juga memeriksa daftar posting di dalam blog. Dan ternyata memang beberapa waktu lalu kita memang pernah membuat posting tersebut namun telah menghapusnya lagi karena alasan tertentu. Maka jenis broken link ini lebih tepat untuk kita hapus.

Untuk menghapus broken link silakan masuk ke halaman Google Webmaster Tools kemudian pilih blog yang akan dilakukan penghapusan broken link. Selanjutnya buka menu Google index dan pilih submenu Hapus URL. Pada halaman ini silakan klik tombol "sembunyikan sementara" kemudian masukan url dari daftar broken link yang kamu miliki. Klik tombol "terus" dan setelah terbuka halaman baru silakan klik "kirim permintaan".

Terus lakukan penghapusan broken link satu-persatu dengan cara demikian pada url di dalam daftar. Namun ingat, pilihlah broken link jenis pertama.

Redirect Broken Link

Kemudian misalnya kita menjumpai broken link dengan url seperti berikut.
http://www.b-tutorial.com/2014/06/cara-melakukan-seo-onpage-pada-blog.html/kelebihan saat menulis url bla bla bla
Namun setelah kita periksa ternyata halaman yang dimaksud sebenarnya ada, namun penulisan url pada link di atas salah. Kita bisa mengakses halaman ini jika penulisan url benar, yaitu seperti demikian.
Maka dari pada menghapusnya, kita lebih baik melakukan redirect pada broken link jenis ini. Saya katakan lebih baik dilakukan redirect karena hasilnya bukan lagi akan mempertahankan nilai SEO pada blog. Bahkan bisa menambah nilai SEO sebab url yang tadinya merupakan broken link, berubah menjadi backlink setelah diarahkan pada halaman yang benar.

Untuk redirect broken link ini kita bisa melakukannya pada dashboard Blogger. Di sana kita masuk ke menu Setalan dan pilih Preferensi Penelusuran. Kemudian pada bagian Kesalahan dan Pengalihan, kita klik Edit di opsi Pengalihan Khusus.

redirect broken link

Akan muncul formulir seperti gambar di atas. Masukan url broken link di bagian "dari" dan masukan url asli (tujuan redirect) di bagian "kepada". Jangan lupa mencentang opsi permanen untuk membuat setelan redirect menjadi permanen, kemudian terakhir klik Simpan Perubahan.

Dalam mengisi url, kamu tidak perlu menyertakan url domain karena sudah tercantum pada formulir. Jadi, tuliskanlah url setelah nama domain saja, misalnya url broken link seperti berikut.
/2014/06/cara-melakukan-seo-onpage-pada-blog.html/kelebihan saat menulis url bla bla bla
Dan url asli seperti berikut.
/2014/06/cara-melakukan-seo-onpage-pada-blog.html
Terus lakukan penghapusan broken link satu-persatu dengan cara demikian pada url di dalam daftar. Namun ingat, pilihlah broken link jenis kedua.

Artikel terkait : Bagaimana Cara Mengatasi Broken Link di Blog?

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved