Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Hosting Script CSS atau Javascript di Google Drive

Sebagian Blogger lebih memilih menggunakan custom template dari pada template bawaan dari blogspot. Sebab custom template memiliki tampilan yang lebih menarik serta telah tersedia fitur-fitur yang banyak dibutuhkan para Blogger. Untuk memenuhi fitur tertentu pada custom template, terkadang kita membutuhkan file JavaScript eksternal. Namun sayang untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihak Blogger belum menyediakan sebuah fasilitas hosting script.

Untuk melakukan hosting script Javascript atau CSS, sebelumnya para Blogger menggunakan Google Code (http://code.google.com/hosting) karena merupakan layanan gratis dari google dan sangat mudah digunakan. Namun kalau tidak salah, muncul sebuah pernyataan bahwa layanan tersebut kini tidak memungkinkan untuk melakukan berbagi file, sehingga pihak google menyarankan kita untuk beralih menggunakan layanan Google Drive.

hosting script file di google drive

Google drive ini adalah salah satu produk google, di mana saat kita membuat akun google maka otomatis akan mendapatkan layanan google drive. Fungsi dari layanan ini adalah untuk menyimpan berbagai file seperti foto, dokumen dan lain-lain sehingga kita bisa mencadangkan file dari perangkat yang kita miliki ke dalam google drive.

Namun kali ini kita akan memanfaatkan layanan google drive sebagai hosting script CSS atau Javascript file untuk memenuhi kebutuhan tertentu di dunia Blog. Untuk melakukan hosting script sendiri sebenarnya sangat mudah, kita hanya perlu mengunggah script file kemudian mengubah setelan berbagi dari "pribadi" menjadi "public web" agar script tersebut dapat digunakan oleh seluruh pengguna internet.

Namun bagian yang agak sulit adalah saat mendapatkan link yang tepat dari script file yang telah diunggah, sehingga dapat berfungsi untuk fitur yang terdapat di dalam template Blog. Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan hosting script file kemudian mendapatkan link yang tepat.

Hosting Script CSS atau Javascript di Google Drive

Yang pertama dilakukan adalah mengunggah script file ke google drive. Tentunya kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu sebuah script file (.js atau .css dan sebagainya) dan memiliki akun Google. Kemudian silakan buka halaman Google Drive dan klik link Kunjungi Google Drive.
  • Selanjutnya buatlah folder baru, klik New dan Pilih Folder. Beri nama pada folder tersebut sesuai keinginan, kemudian klik Create. (Lihat Gambar)
  • Klik kanan pada folder yang baru dibuat kemudian pilih Bagikan. (Lihat Gambar)
  • Pada menu Bagikan, pilihlah opsi Lanjutan. Kemudian pada bagian "siapa yang memiliki akses", klik change. (Lihat Gambar)
  • Terakhir ubah setelan Berbagi Tautan menjadi "Publik di Web" dan silakan Simpan setelan. (Lihat Gambar)
  • Setelah pembuatan folder selesai, selanjutnya masuk ke folder yang baru kamu buat. Kemudian unggah script file dengan cara klik New dan pilih Upload file. Silakan pilih file .js atau .css yang sebelumnya telah kamu persiapkan. (Lihat Gambar)
  • Klik kanan pada file yang telah kamu upload dan pilih opsi Bagikan. Kemudian lakukan setelan-setelan Berbagi tautan sama persis dengan yang kamu lakukan sebelumnya pada folder. (Lihat Gambar)

Mendapatkan Link yang Tepat dan Menambahkannya ke Web Page (Blogger)

Metode Pertama

Dengan metode ini kamu akan mendapatkan link dari script file yang telah kamu upload dengan susunan URL seperti berikut.
https://googledrive.com/host/folder-id/filename

  • Pertama silakan salin url berikut dan simpanlah di notepad.
https://googledrive.com/host/

  • Masuklah ke folder yang baru kamu buat. Kemudian salin folder id yaitu url setelah /folder/ dan simpanlah di belakang url yang sebelumnya kamu dapatkan pada notepad. (Lihat Gambar)
  • Apa nama script file yang kamu unggah ke google drive? Misalnya nama file tersebut adalah "example.js", maka tambahkan teks "/example.js" di belakang url yang sebelumnya kamu dapatkan. Sehingga kurang lebih akan terbentuk url seperti berikut.
https://googledrive.com/host/0B-2_4ytdmOKENGQ2YUR0SDZuazQ/example.js

  • Dan untuk menambahkannya ke web page (Blogger), silakan gunakan script berikut kemudian ubah url berlatar kuning dengan url hosting script milik kamu.
  • Menambahkan link hosting script Javascript.
<script src="https://googledrive.com/host/0B-2_4ytdmOKENGQ2YUR0SDZuazQ/example.js" type="text/javascript"></script>
  • Menambahkan link hosting script CSS.
<link href='https://googledrive.com/host/0B-2_4ytdmOKENGQ2YUR0SDZuazQ/example.css' rel='stylesheet' type='text/css'>

Metode kedua

Dengan metode ini kamu akan mendapatkan link dari script file yang telah kamu upload dengan susunan URL seperti berikut.
https://googledrive.com/host/file-id

  • Pertama silakan salin url berikut dan simpanlah di notepad.
https://googledrive.com/host/

  • Masuklah ke folder yang baru kamu buat. Kemudian klik kanan pada script file yang telah kamu unggah dan pilih opsi Bagikan. Di sana akan muncul sebuah share link, salin file-id yaitu url setelah /file/d/ dan sebelum /view?. (Lihat Gambar)
  • Kemudian letakkan di belakang url yang sebelumnya kamu dapatkan pada notepad, sehingga akan terbentuk sebuah url seperti berikut.
https://googledrive.com/host/0B-2_4ytdmOKEdDlCNlZnd0prc3M

  • Dan untuk menambahkannya ke web page (Blogger), silakan gunakan script berikut kemudian ubah url berlatar kuning dengan url hosting script milik kamu.
  • Menambahkan link hosting script Javascript.
<script type='text/javascript' src='https://googledrive.com/host/0B-2_4ytdmOKEdDlCNlZnd0prc3M'></script>
  • Menambahkan link hosting script CSS.
<link href='https://googledrive.com/host/0B-2_4ytdmOKEdDlCNlZnd0prc3M' rel='stylesheet' type='text/css'>

Artikel terkait : Hosting Script CSS atau Javascript di Google Drive

Artikel B-Tutorial Lainnya :

1 komentar:

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved