Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Membuat Halaman Daftar Isi Sederhana di Blog

Berapakah jumlah artikel di Blog kamu? Tentunya akan lebih dari satu artikel, bukan? Setiap blog memiliki jumlah artikel yang banyak, bisa puluhan, ratusan bahkan ribuan artikel di dalamnya. Apakah mungkin seorang  pengunjung akan membuka setiap artikel di blog kamu? Atau malah mereka hanya akan membaca satu artikel saja karena diarahkan oleh search engine, kemudian meninggalkan halaman blog kamu?

Setiap blog dengan reputasi menengah ke bawah kebanyakan hanya mengandalkan pengunjung yang diarahkan oleh search engine. Sedangkan blog dengan reputasi yang baik akan memiliki pengunjung-pengunjung setia yang akan terus mengunjungi blog tersebut. Misalnya wikipedia, situs tersebut akan selalu di buka oleh pengguna internet tanpa melalui search engine google.

Blog-blog dengan reputasi menengah ke bawah seperti yang kita miliki juga mampu mendapatkan pengunjung yang seperti demikian. Syaratnya adalah dengan beberapa kali menyajikan artikel yang bermutu kepada seorang pengunjung dan buat mereka mengakui kualitas artikel pada blog yang kita miliki. Dengan demikian maka pengunjung mungkin akan membuka kembali halaman blog kita di lain waktu.

Hal lain yang harus dimiliki oleh sebuah blog agar mendapatkan pengunjung setia adalah dengan menyediakan fasilitas yang baik di halaman blog seperti memberikan label atau kategori pada artikel. Dengan ini maka setelah seorang pengunjung menyukai sebuah artikel, memungkinkan mereka untuk menemukan artikel lain yang dianggap penting kemudian membukanya.

Kemudian fasilitas lain yang perlu disediakan adalah sebuah halaman daftar isi. Apa peran dari halaman daftar isi untuk sebuah blog?

Halaman Daftar Isi Sederhana di Blog

Peran Halaman Daftar Isi untuk Blog

Di dunia Web dan Blog, daftar isi sering juga disebut sitemap (peta situs). Pantas saja fasilitas ini dianggap sebuah peta, karena memang dapat mempermudah pengunjung untuk menjelajahi halaman blog.

Kita umpamakan saja blog itu adalah sebuah buku pembelajaran yang sangat tebal. Seorang pembaca akan mengakses informasi di dalamnya sedikit demi sedikit dan secara bertahap. Penilaian setiap orang akan berbeda, sehingga mungkin isi dari buku tersebut dianggap tidak seluruhnya penting. Oleh karena itu, dibuatlah halaman daftar isi untuk mempermudah pembaca dalam mencari informasi yang penting baginya.

Di dalam blog juga kita bisa membuat sebuah halaman daftar isi. Sehingga saat kita mendapatkan seorang pengunjung setia yang telah mempercayai kualitas artikel yang ada pada blog, dengan halaman daftar isi ini akan mempermudah mereka saat mencari artikel-artikel lain yang dibutuhkan. Coba bayangkan jika sebuah blog tidak memiliki halaman daftar isi. Setelah membaca satu artikel mungkin pengunjung akan meninggalkan halaman blog karena memang untuk mencari artikel lainnya mereka merasa kesulitan.

Jadi, menurut kamu perlukah sebuah blog memiliki halaman daftar isi? Jika kamu merasa perlu, silakan buatlah halaman daftar isi dengan langkah-langkah berikut ini.

Membuat Halaman Daftar Isi Sederhana di Blog

Daftar isi yang satu ini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Kesederhanaan dari tampilan halaman daftar isi akan memberikan panduan yang jelas bagi pengunjung. Selain itu dengan tampilan yang sederhana ini maka halaman daftar isi akan memiliki proses load yang cepat dan lebih SEO friendly di mata search engine.

Dalam penyajiannya, halaman daftar isi ini menyajikan daftar artikel berdasarkan label atau kategori. Sehingga terlebih dahulu kamu harus Memberikan Label atau Kategori pada Setiap Artikel. Kemudian untuk tampilan jenis dan warna font akan menyesuaikan dengan template yang kamu gunakan, sehingga halaman daftar isi ini cocok untuk semua jenis template. Selain itu, terdapat keterangan "New!" pada artikel yang baru dibuat.

Untuk membuat daftar isi sederhana ini, pada dashboard Blogger silakan masuk ke menu Laman kemudian buat Laman Baru. Terlebih dahulu berilah judul pada laman tersebut misalnya "Daftar Isi" atau "Sitemap". Selanjutnya masuk ke penulisan mode HTML dan masukan script berikut pada kolom HTML.
<script src="https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/btutorialscript.appspot.com/o/js%2Fsimplesitemap.js?alt=media&token=e1a5e64c-11ff-4dda-a438-2b6b2166ad09" type="text/javascript"></script>
<script src="http://b-tutorial.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=bloggersitemap"></script>
<a href="http://b-tutorial.com/2016/05/membuat-halaman-daftar-isi-sederhana.html" style="font-size: 10px;" target="_blank">Cara Membuat Daftar Isi Blog</a>

Silakan ubah url berlatar kuning dengan url blog yang kamu miliki. Kamu bisa memberikan deskripsi untuk halaman ini menggunakan menu Setelan Laman yang terdapat di bagian kanan. Terakhir silakan publikasikan, dan kamu sekarang telah memiliki halaman daftar isi berdasarkan label atau kategori artikel.

Agar halaman ini dapat di akses oleh pengunjung, maka kamu harus meletakkan menu Daftar isi di halaman blog. Salah satunya dengan meletakkannya di menu navigasi. Kamu bisa membaca panduan Cara Mengedit Menu Navigasi Blog. Atau kamu bisa meletakkan menu daftar isi ini di posisi lain yang kamu inginkan.

Artikel terkait : Membuat Halaman Daftar Isi Sederhana di Blog

Artikel B-Tutorial Lainnya :

2 komentar:

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved