Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Pengertian dan Fungsi Alexa Rank di Blog

Dari sekian banyak pengguna internet sebagian diantaranya selalu memperhatikan kualitas website / blog yang dikunjungi. Sedangkan sebagiannya lagi tidak terlalu mempedulikan hal tersebut. Sebenarnya kualitas pada setiap website itu relaitf, kita tidak bisa memberikan pernyataan mutlak mengenai seberapa baik sebuah website dan membanding-bandingkan dengan website lain

Pada kasus ini muncullah berbagai perusahaan atau situs yang bekerja dalam hal menilai situs lain. Faktor-faktor yang biasanya menjadi bahan penilaian adalah dalam segi SEO, jumlah pengunjung atau bahkan karakteristik template. Tentunya setiap perusahaan atau situs yang menyediakan layanan ini mempunyai sistem penilaian dengan versi nya masing-masing. Sehingga keakuratan sistem penilaian ini masih belum mutlak untuk bisa dijadikan sebuah pernyataan mengenai kualitas sebuah website / blog.

Namun saat ini ada beberapa sistem penilaian website yang sudah dipercaya dan banyak digunakan di seluruh dunia karena dianggap sebagai sistem penilaian website yang hasilnya paling mendekati akurat. Salah satu diantaranya adalah Alexa Rank.

Mungkin bagi kalian yang seorang penjelajah internet tidak akan asing mendengarnya karena cukup banyak website yang mencantumkan alexa rank di halaman web nya sehingga istilah tersebut sering kalian jumpai. Dengan melihat alexa rank ini kalian bisa memberi penilaian sementara mengenai kualitas sebuah web, atau mungkin tidak peduli dengan keberadaannya, atau bagi yang belum tahu mungkin akan bertanya-tanya Apa itu alexa rank? Rangking website dengan menilai dari segi apa? Oleh karena itu, kita akan membahas tentang Alexa rank pada artikel ini.

Pengertian dan Fungsi Alexa Rank

Apa itu Alexa Rank?

Alexa.com adalah anak perusahaan dari Amazon.com yang memberikan sistem peringkat pada setiap web atau blog yang diberi nama Alexa Rank. Sistem peringkat ini memberikan rangking dengan melihat popularitas sebuah website berdasarkan jumlah pengunjung yang datang pada website tersebut. Namun sistem penilaian dari alexa hanya menghitung poin yang masuk dari browser-browser yang menggunakan alexa toolbar.

Kali ini kita beri penekanan pada frasa "poin yang masuk melalui alexa toolbar". Sebelumnya kamu harus mengerti frasa tersebut agar tidak membuat bingung ketika meneruskan membaca artikel ini.

Alexa membuat aplikasi pengaya (add on) pada berbagai web browser (mozila, chrome) untuk digunakan para pengguna internet agar alexa dapat menghitung poin pada sebuah website dan memberikan ranking. Sehingga saat pengunjung membuka sebuah halaman website, alexa toolbar akan mengirimkan data ke situs alexa sehingga alexa dapat menghitungnya sebagai poin. Jadi, saat seorang pengguna membuka sebuah website dengan browser yang tidak menggunakan alexa toolbar, maka mungkin hanya akan memberikan sedikit poin atau bahkan tidak akan dihitung sebagai poin.

Lebih kecil angka ranking dari alexa, maka lebih baik pula peringkat website itu di versi alexa. Dengan adanya pernyataan tersebut berarti alexa melihat segi pengunjung yang lebih baik sehingga memberi angka ranking alexa yang lebih kecil.

Jika kamu menemui sebuah kasus misalnya saat mengunjungi 2 website berbeda yang mencantumkan info alexa rank dan trafik pengunjung. Terkadang web dengan pengunjung yang ramai sekali hanya mendapatkan ranking dari alexa di peringkat 500.000 lebih. Sedangkan web dengan pengunjung yang tidak terlalu ramai dapat mencapai rangking yang lebih baik misalnya kurang dari 100.000. Maka setelah kamu memahami sistem poin dari alexa, janganlah kaget saat menjumpai kasus seperti itu.

Perhatikan tema dari kedua website, dan buatlah perkiraan siapa saja yang mungkin mengunjungi website tersebut. Karena perbedaan "jenis" pengunjung dapat menjadi faktor keganjilan pada alexa rank. Misalnya website yang pertama memiliki tema "kesehatan" dan mampu menarik banyak sekali pengunjung yang juga merupakan orang-orang kesehatan (atau orang penyakitan juga haha), tetapi tidak mendapatkan alexa rank yang memuaskan. Namun website kedua yang bertema "teknologi" hanya mampu menarik sedikit saja pengunjung yang rata-rata adalah orang IT, Blogger, pebisnis online dan sebagainya, justru memiliki alexa rank yang ramping.

Wajar saja karena orang-orang tersebut adalah jenis pengunjung yang selalu ingin tahu kualitas webisite yang dikunjunginya, maka mereka semua memasang alexa toolbar pada browsernya masing-masing. Dan kemudian memang alexa rank ini lebih banyak berfungsi untuk kebutuhan komersial dan biasanya digunakan oleh orang-orang jenis tersebut.

Namun kamu jangan khawatir tentang topik pembahasan pada blog. Tetaplah menyajikan artikel di bidang yang benar-benar kamu kuasai. Kemudian kamu bisa melakukan langkah dasar dalam meningkatkan alexa rank.

Fungsi Alexa Rank

Walaupun sistem ranking dari alexa masih terkesan subjektif, namun pengguna internet di seluruh dunia sudah banyak yang menjadikan alexa rank sebagai pedoman untuk menilai sebuah halaman website atau blog, terutama bagi orang-orang IT, Blogger, pebisnis online dan sebagainya. Kebanyakan alexa rank digunakan untuk membantu mereka dalam menjatuhkan keputusan-keputusan komersial. Apa maksudnya?

Misalnya saat sebuah halaman web atau blog menawarkan jasa SEO, jasa Review, atau space iklan, maka seorang calon konsumen atau pihak tertentu (misalnya situs jaringan periklanan) akan lebih berminat pada web dengan alexa rank yang ramping. Karena pemilik web akan dianggap sebagai orang yang mahir dalam bidang atau jasa yang ditawarkan, yaitu dunia internet. Lain lagi dengan web bertema kesehatan tadi, walaupun mampu menarik pengunjung yang banyak, pemilik web itu aslinya menguasai bidang kesehatan, dan belum tentu mahir di bidang internet.

Dengan mengingat bahwa alexa rank saat ini dijadikan acuan oleh para pengguna internet, maka halaman blog perlu memiliki alexa rank yang ramping untuk memulai bisnis online dari halaman blog-nya. Dan langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan alexa rank yang baik adalah dengan melakukan Submit Blog ke Alexa terlebih dahulu.

Artikel terkait : Pengertian dan Fungsi Alexa Rank di Blog

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved