Blogging, Search Engine Optimization, Internet, Template, Widget hingga Monetize Blog.

Hosting Script CSS atau Javascript di Firebase

Tahun lalu Google merekomendasikan Google Drive sebagai layanan bantuan dalam mempublikasikan halaman web, seperti hosting script. Namun pada bulan Agustus 2016, Google mengirimkan sebuah email yang mengumumkan bahwa Google akan menghentikan penayangan konten melalui Google Drive sehingga kita tidak bisa lagi menggunakan layanan tersebut untuk melakukan hosting script.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena sebagai gantinya Google pun kembali memberikan rekomendasi kepada kita dalam melakukan hosting script, yakni menggunakan layanan Firebase. Yang perlu kalian lakukan sekarang adalah segera melakukan tindakan dalam mengamankan setiap script yang tersimpan di Google Drive dan menyetel ulang dengan memindahkannya ke layanan lain seperti Firebase.

Hosting Script CSS atau Javascript di Firebase

Sebenarnya masih banyak situs lain yang bisa kita gunakan dalam hosting script. Namun Google lebih merekomendasikan Firebase karena merupakan layanan milik Google sendiri. Sehingga untuk menggunakan layanan ini tidak perlu melakukan pembuatan akun karena tentunya kita bisa menggunakan akun Google masing-masing.

Mengenai alasan mengapa Google Drive dihentikan saya pun tidak tahu pasti. Namun memang sering terjadi error pada file-file js dan css yang dihosting di Google Drive disebabkan limit akses. Dan kemudian Google mengarahkan kita untuk menggunakan layanan barunya yakni Firebase, yang mungkin lebih dikhususkan untuk melakukan hosting script.

Hosting Script CSS atau Javascript di Firebase

Pertama silakan persiapkan file script (.css dan .js atau sejenisnya), atau amankan file script dari Google Drive dan simpan di komputer kamu. Kemudian buka halaman https://console.firebase.google.com/ dengan akun Google yang kamu miliki. Setelah halaman tersebut terbuka, silakan klik Buat Proyek Baru, isi nama proyek dan negara asal, kemudian klik Buat Proyek.

Hosting Script CSS atau Javascript di Firebase

Selanjutnya silakan perhatikan menu-menu di kanan layar monitor dan masuklah ke menu storage. Disini kamu bisa upload file-file script (js, css, html dan lain-lain) dengan cara klik Unggah file dan pilih file script di komputer kamu. Agar lebih rapi, kamu bisa mengkategorikan file dengan membuat folder terlebih dahulu, kemudian barulah kamu melakukan upload file.

Hosting Script CSS atau Javascript di Firebase

Menambahkan file script ke Halaman Web (Blogger)

Setelah file script berhasil diunggah, kini saatnya kita ambil url nya untuk kita gunakan di halaman web. Silakan klik file yang kamu inginkan kemudian akan muncul info file di sebelah kanan. Silakan kamu gunakan url dari file tersebut dengan memilih opsi Lokasi File >> URL Unduhan. Kemudian klik URL yang ditampilkan untuk menyalinnya dengan lengkap. Ternyata url yang tercipta dari Firebase jauh lebih panjang dibandingkan dengan Google Drive.

Hosting Script CSS atau Javascript di Firebase

Nah, kemudian URL tersebut bisa kamu tambahkan ke halaman web yang kamu miliki. Untuk menambahkannya script file yang sudah kamu upload ke halaman web (Blogger), silakan gunakan script berikut kemudian ubah url berlatar kuning dengan url file dari Firebase.

Hosting Javascript

<script type="text/javascript" src="https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/btutorialscript.appspot.com/o/js%2Fsitemapfilter.js?alt=media&token=2b40f909-bb8f-43c9-8981-92c9a92c6af8"></script>

Hosting CSS

<link type='text/css' href='https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/btutorialscript.appspot.com/o/js%2Fsitemapfilter.css?alt=media&token=2b40f909-bb8f-43c9-8981-92c9a92c6af8' rel='stylesheet'>

Artikel terkait : Hosting Script CSS atau Javascript di Firebase

Artikel B-Tutorial Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2016 B-Tutorial - All Right Reserved